Mudik ke Karanganyar Kebumen

Mudik ke Karanganyar Kebumen - Hampir setiap dua minggu sekali saya mudik ke kampung halaman di Karanganyar, Kebumen. Jika kalian yang belum tahu, Karanganyar merupakan salah satu Kecamatan di Kabupaten Kebumen. 

Karanganyar berbatasan dengan Kecamatan Gombong di sebelah barat, Kecamatan Karanggayam di sebelah utara, Kecamatan Sruweng di sebelah timur, dan Kecamatan Adimulyo di sebelah selatan.

Setiap kali mudik, sering menggunakan transportasi bus AKAP. Kadang-kadang naik kereta api. Perjalanan dari Jakarta menuju Kebumen dengan bus biasanya memakan waktu sekitar 10 - 11 jam atau lebih cepat. Kalau menggunakan kereta api jauh lebih cepat, yaitu 7 jam.  

Harga tiket bus dan kereta tidak jauh berbeda. Bus kelas eksekutif (2-2 seat) dari Pulogebang tarifnya Rp. 120.000, dan kelas bisnis (2-3 seat) tarifnya Rp. 100.000. Sedangkan tarif kereta api kelas ekonomi Kutojaya Utara (rute Pasar Senen - Kutoarjo pp) tarifnya Rp. 110.000. 

Karanganyar dilalui jalan raya nasional, dan jalur kereta api. Sehingga banyak kendaraan umum yang lalu lalang 24 jam, diantaranya bus-bus AKAP dari Jakarta yang biasanya tiba di Karanganyar (Pasar Karanganyar) pada pagi hari.

Di waktu pagi, di pos polisi yang ada di seberang pasar karanganyar banyak tukang ojek serta tukang becak motor (betor) yang stanby mencari penumpang yang baru tiba, yaitu para pemudik yang menggunakan bus dari luar kota, seperti Jakarta, Tangerang, dan Bekasi.


Mudik ke Karanganyar Kebumen 

0 Response to "Mudik ke Karanganyar Kebumen "