Tips Mengikuti Ujian Kemampuan Bahasa Jepang (Japanese Language Proficiency Test)

Tips Mengikuti Ujian Kemampuan Bahasa Jepang (Japanese Language Proficiency Test / JLPT) - JLPT merupakan suatu ujian tertulis untuk mengukur kemampuan para pembelajar Bahasa Jepang di seluruh dunia, termasuk pembelajar di Indonesia.



Berdasarkan data yang dihimpun oleh Japan Foundation per tahun 2012, jumlah pembelajar Bahasa Jepang di Indonesia mencapai 872,411 orang, berada di bawah negara China yang menempati urutan pertama pembelajar bahasa Jepang dengan 1.046.490 orang. Jumlah ini meningkat signifikan sebanyak 21,8 persen dibandingkan tahun 2009.

Di Indonesia, ujian kemampuan Bahasa Jepang dilaksanakan dibeberapa kota, seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta. Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi tips kepada teman-teman bagaimana mengikuti ujian kemampuan Bahasa Jepang.

Berikut ini beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam mengikuti ujian kemampuan Bahasa Jepang :

1. Pertama, sebelum memutuskan untuk mendaftar ujian JLPT, tentu kalian harus memiliki tekad yang bulat.

2. Untuk bisa mengikuti ujian JLPT, teman-teman tentu harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Pendaftaran ini hanya dilakukan secara online melalui website resmi JLPT di jlptonline.or.id. Mengenai jadwal pendaftaran JLPT online ini selalu diumumkan melalui facebook : Halo Nihongo - The Japan Foundation, Jakarta. Saran saya, sukai facebook Halo Nihongo - The Japan Foundation, Jakarta untuk mendapatkan info-info terbaru.

3. Selanjutnya, apabila kalian sudah sukses melakukan pendaftaran online, simpan dengan baik username dan password pendaftaran. Nantinya username dan password tersebut akan dipergunakan untuk login ke website JLPT : jlptonline.or.id serta mencetak kartu peserta ujian JLPT.

4. Selain itu kalian juga harus rajin mengecek email, karena Panitia Ujian JLPT yang akan mengirimkan Surat Pengantar untuk mengikuti JLPT. (Pengalaman saya, surat pemberitahuan via email diterima 1 bulan sebelum pelaksanaan ujian). Di dalam surat pemberitahuan tersebut diinformasikan tentang tata tertib/jadwal ujian, denah lokasi ruang ujian, peta lokasi tempat ujian.

5. Nah, tiba waktunya hari pelaksanaan ujian JLPT, para Peserta harus membawa kelengkapan yaitu : Kartu Peserta Ujian, Kartu Identitas (Kartu Tanda Penduduk/ Kartu Pelajar/ Pasport/ SIM), tata tertib ujian, denah lokasi ruang ujian dan peta lokasi tempat ujian. Bawalah alat tulis pensil 2B atau HB, rautan, penghapus, dan jam tangan sebagai penunjuk waktu. (Jangan menggunakan jam tangan yang mengeluarkan bunyi/alarm, dan nonaktifkan handphone, karena apabila handphone mengeluarkan bunyi dapat berakibat peserta diskualifikasi dari ujian).

6. Terakhir, tunggu hasil ujian secara online di website JLPT. Pantau informasi terbaru seputar JLPT di facebook Halo Nihongo - The Japan Foundation, Jakarta. 

Semoga hasil ujian kita lulus dengan nilai yang sempurna. Jangan pernah menyerah untuk menggapai tujuan kalian. Sekian terima kasih. Tips Mengikuti Ujian Kemampuan Bahasa Jepang (Japanese Language Proficiency Test / JLPT) Ex-Choshi-2011-2014

1 Response to "Tips Mengikuti Ujian Kemampuan Bahasa Jepang (Japanese Language Proficiency Test) "