Tips Dan Kegunaan Kulit Pisang

Tips Dan Kegunaan Kulit Pisang - Siapa yang tidak tau dengan buah pisang. Saya yakin semua orang pasti mengetahui buah satu ini. Rasa buahnya yang manis dan mengandung banyak vitamin ini menjadi buah favorid kenanyakan orang. Tidak hanya daging buahnya yang mengandung banyak vitamin, tetapi kulit buah pisang pun juga mengandung banyak nutrisi.

Setelah kemarin saya membahas manfaat dan kegunaan serta bagaimana cara mengolah cangkang telur untuk pupuk tanaman. Kini saya akan memberikan tips dan kegunaan kulit pisang untuk kalian yang suka menanam tanamanan.

1. PUPUK CAIR KULIT PISANG

Pupuk cair kulit pisang ini sangat mudah untuk dibuat sendiri. Cukup dengan mengumpulkan bahan seperti :
- Botol bekas.
- kulit pisang
- air
Tips Dan Kegunaan Kulit Pisang
Pertama yang harus dilakukan adalah memotong kulit pisang menjadi kecil-kecil sehingga dapat masuk kedalam botol. Masukkan potongan kulit pisang secukupnya kedalam botol. Isi dengan air sampai batas leher botol dan tutup rapat.


Cek secara berkala untuk mengeluarkan gas yang dihasilkan dari kulit pisang. Diamkan selama satu minggu dan pupuk cair kulit pisang siap digunakan untuk menyirami tanaman di kebun. Pupuk cair tersebut akan menjadi makanan ekstra bagi tanaman. Aplikasikan pupuk cair kulit pisang satu bulan sekali. Pupuk cair tersebut mengandung kalsium serta fosfor yang akan membuat tanaman mendapat dorongan energi supaya tanaman dapat tumbuh kuat.


2. MENGUSIR HAMA TANAMAN

Kegunaan lainnya dari kulit pisang adalah untuk mengusir hama seperti kutu daun. Caranya adalah dengan memotong kecil-kecil kulit pisang. Kemudian galilah tanah disekitaran tanaman, jagan terlalu dalam. Kemudian kuburlah potongan kulit pisang tersebut secukupnya. Hama seperti kutu daun tidak akam menyukai gas yang dikeluarkan kulit pisang. Perlu diingat dalam mengaplikasikan kulit pisang pada tanaman jangan terlalu banyak karena dapat mengundang hewan pengerat seperti tikus.

Selain untuk mengusir hama, mengubur kulit pisang kedalam tanah juga akan mempercepat proses penguraian sehingga nutrisi dari kulit pisang akan lebih mudah diserap oleh akar. Karena kulit pisang mengandung Magnesium, Sodium, Fosfor, Sulfur yang dapat membantu penyuburan tanah dan tanaman.

Ada pula tanaman yang cocok sekali dengan penggunaan pupuk ramah lingkungan ini yaitu untuk tanaman Tomat, Strawberry, Kentang dan Pohon Pisang itu sendiri. Jika menginginkan hasil maksimal tambahkan buah pisang kedalamnya agar lebih subur dan cepat berbunga.

Tidak perlu menggunakan pisang yang masih bagus. Gunakanlah pisang yang hampir busuk untuk menghemat biaya. Selamat mencoba. Tips Dan Kegunaan Kulit Pisang

0 Response to "Tips Dan Kegunaan Kulit Pisang"