Cara Menanam Strawberry Dengan Mengunakan Biji

Cara Menanam Strawberry Dengan Mengunakan Biji - Siapa yang tidak tau dengan buah strawberry ? Saya yakin semua orang tahu dengan buah satu ini. Buah dengan warna mengoda dan rasanya yang masam membuat kebanyakan orang jatuh cinta pada buah satu ini. Terpikir gak sih saat kalian membeli buah strawberry dan mencoba menanamnya melalui biji yang ada diluar buah ? Saya akan kasih tips nih buat kalian yang suka dengan buah ini dan ingin mencoba menanamnya.


Cara Menanam Strawberry Dengan Mengunakan Biji
Menanam strawberry terbilang gampang-gampang susah. Apalagi menanamnya dimulai dengan biji, bukan dari sulur yang ada pada strawberry. Bagimana cara menanam strawberry dengan mengunakan biji ?

Kita akan bahas sekarang. Yang pertama kita lakukan adalah menyiapkan alat-alat dan bahan yang digunakan untuk menyemai biji strawberry. Bahan-bahannya adalah
● siapkan tisu 1-2 lembar
● wadah plastik berwarna bening, putih, atau hitam (jangan pakai yang berwarna)
● plastik perekat
● dan air

Pernah saya membaca artikel tentang penanaman strawberry dari biji harus dengan air mineral dan tidak diperbolehkan menggunakan air sumur karena ada kandungan zat yang akan menghambat pertumbuhan biji strawberry nantinya. Tapi pengalaman saya dalam menyemai biji strawberry saya menggunakan air dari sumur. Hasilnya mereka juga bisa tumbuh dan bertunas. Tapi untuk jaga-jaga ada baiknya menggunakan air mineral yang sudah disarankan dalam kebanyakan artikel.

Langkah selanjutnya adalah menaruh tisu diatas wadah yang tadi disiapkan. Berikan air secukupnya, jangan sapai tergenag. Usahakan cukup basah saja. Lalu tutup menggunakan plastik perekat. Berikan ruang udara dengan cara menusuk sedikit plastik perekatnya agar ada sirkulasi udara didalamnya. Simpan ditempat yang sejuk tapi masih mendapatkan cahaya. Kontrol terus perkembangannya. Jika tisu mulai tidak terlalu basah kalian bisa tambahkan air kembali dan tunggu sampai 7-14 hari sampai akar muncul dan bertunas. Perlu diingat bahwa pertumbuhan

Pertumbuhan biji strawberry itu berbeda-beda. Ada yang lambat dan ada yang cepat jadi, tidak perlu khawatir dan bertanya-tanya kenapa masih ada yang belum bertunas sedangkan yang lain sudah  ?

Saat akar dan tunas sudah muncul, tunggu sampai mencapai panjang 1-2 cm untuk memindahkannya. Siapkan wadah untuk memindahkan baby strawberry dan pindahkan baby strawberry dengan hati-hati. Jangan menggunakan tangan langsung untuk memindahkannya. Gunakan tusuk gigi atau pinset, pindahkan dengan hati-hati.

Semrotkan air agar tanahnya lembab. Kemudian tutup Baby strawberry dengan plastik dan berikan sirkulasi udara. Penutupan menggunkam plastik di lakukan agar menjaga kelembapan tanah baby strawberry. Tunggu hingga baby strawberry memiliki 5-6 daun baru dipindahkam kedalam media tanam yang lebih besar.

Itu tadi penjelasan dan tips yang saya berikan tentang menanam strawberry mengunakan biji. Jadi silahkan mencobanya. Cara Menanam Strawberry Dengan Mengunakan Biji


0 Response to "Cara Menanam Strawberry Dengan Mengunakan Biji"