Pengalaman Mengajukan Permohonan Visa di Kedutaan Jepang Jakarta

Pengalaman Mengajukan Permohonan Visa di Kedutaan Jepang Jakarta - Rencananya saya akan mengikuti pelatihan/training di Kantor Pusat tempat saya bekerja yang ada di Tokyo, Jepang. Untuk dapat masuk ke negara Jepang, selain harus memiliki Paspor, saya juga harus mengajukan permohonan Visa di Kedutaan Besar Jepang di Indonesia. Alamat Kedutaan Besar Jepang di Jakarta berada di Jl. MH Thamrin, Jakarta Pusat, DKI Jakarta atau bersebelahan dengan Plaza Indonesia.
Lihat juga : Cara Pengajuan E-Paspor dan Syarat-Syaratnya
Pengertian Visa yaitu sebuah rekomendasi yang diberikan kepada warga negara asing agar dapat masuk ke negara Jepang dan bukan izin mutlak atau jaminan dapat masuk ke negara Jepang. Keputusan akhir untuk dapat masuk atau tidak akan diberikan oleh Pihak Imigrasi Jepang pada saat mendarat.
Ada beragam jenis Visa, tergantung apa tujuan teman-teman berkunjung ke negara Jepang, seperti Visa Kunjungan Sementara untuk Kunjungan Wisata dengan Biaya Sendiri, Visa Kunjungan Sementara untuk Tujuan Bisnis, Visa Khusus (Visa Belajar / Pelatihan / Bekerja / Menetap dalam jangka waktu tertentu), dan lain-lain. Kalau saya datang ke Jepang dengan tujuan mengikuti pelatihan, maka saya mengajukan permohonan Visa Khusus. Berikut ini persyaratan untuk mengajukan permohonan Visa Khusus (Visa Belajar / Pelatihan / Bekerja / Menetap dalam jangka waktu tertentu) :
1. Paspor.
2. Formulir permohonan visa. [download (PDF)] dan Pasfoto terbaru (ukuran 4,5 X 4,5 cm, diambil 6 bulan terakhir dan tanpa latar, bukan hasil editing, dan jelas/tidak buram, 


Baca : Tempat Cetak Foto Visa Jepang di Jakarta
3. Fotokopi KTP (Surat Keterangan Domisili)
4. Certificate of Eligibility (asli & fotokopinya)


Setelah semua persyaratan tersebut diatas lengkap, barulah teman-teman dapat mengurus permohonan visa di Kedutaan Besar Jepang. Jam kerja bagian permohonan Visa yaitu pukul 08.30 -12.00 WIB. Dan untuk pengambilan Visa pada pukul 13:30 - 15:00 WIB. Loket pengajuan permohonan Visa berada di lantai 1. Dan untuk pengurusan dokumen keimigrasian orang Jepang berada di lantai 2. Permohonan Visa tidak diterima apabila semua persyaratan tidak dipenuhi atau tidak lengkap. Setelah permohonan diperiksa, apabila diperlukan dokumen lain sebagai tambahan, akan diminta kemudian. 

Proses pembuatan visa memakan waktu minimal 4 hari kerja dengan biaya pembuatan Visa sebagai berikut :
Saya baru mendapatkan informasi bahwa Kedutaan Besar Jepang telah memutuskan untuk membuka Japan Visa Application Centre (JVAC) untuk pengajuan aplikasi maupun pengambilan visa. VFS Global telah ditunjuk untuk menjalankan JVAC ini dan peralihan proses aplikasi maupun pengambilan visa efektif akan berjalan mulai hari Jum'at, 15 September 2017. 

Japan Visa Application Centre (JVAC)
Berikut adalah informasi mengenai Japan Visa Application Centre (JVAC) : 
Alamat dan Kontak JVAC :
Lotte Shopping Avenue Lantai 4, Unit No. 33
Jl. Prof. Dr. Satrio Kav 3-5, Jakarta Selatan
Jam dan Hari Operasional JVAC :
Pengajuan Aplikasi Visa : 09:00 - 17:00 (Aplikasi Perorangan), dan 09:00 - 13:00 (Tavel Agent)
Pengambilan Visa : 10:00 - 15:00 (Aplikasi Perorangan), dan 10:00 - 13:00 (Travel Agent)
*JVAC tutup pada hari Sabtu, Minggu, dan hari libur Kedutaan (hari libur nasional). Sistem Pengajuan Visa yaitu dapat langsung datang ke JVAC atau melalui reservasi secara online. Pengalaman Mengajukan Permohonan Visa di Kedutaan Jepang Jakarta

0 Response to "Pengalaman Mengajukan Permohonan Visa di Kedutaan Jepang Jakarta"