Pengalaman Naik Kereta Api Gaya Baru Malam Selatan Premium di Stasiun Sumpiuh

Pengalaman Naik Kereta Api Gaya Baru Malam Selatan (GBMS) Premium di Stasiun Sumpiuh - Kereta api merupakan salah satu moda transportasi umum favorit dan ada di hati masyarakat Indonesia. Transportasi kereta api menjadi pilihan masyarakat karena berbagai faktor, mulai dari kenyamanan yang terjaga, kenyamanan, serta pemesanan atau reservasi tiket yang dapat dilakukan secara mudah melalui aplikasi smartphone. Pada tahun 2017 ini, PT KAI meluncurkan rangkaian kereta api terbarunya, yaitu kereta api kelas ekonomi premium. Salah satu rangkaian yang belum lama diluncurkan tersebut adalah kereta api Gaya Baru Malam Selatan (GBMS) Premium. Kereta api GBMS Premium melayani rute Surabaya-Jakarta  PP melalui jalur selatan. 
Hari Minggu, 6 Agustus lalu saya mencoba naik naik rangkaian baru kereta api Gaya Baru Malam Premium menuju Jakarta. Ini adalah kali pertama saya naik kereta api ekonomi premium. Untuk saat ini, kereta api GBMS Premium tidak mempunyai jadwal berhenti di stasiun yang dekat dengan rumah saya, baik itu Stasiun Karanganyar, Gombong, ataupun Kebumen.  Adapun stasiun paling dekat yang memiliki jadwal berhenti kereta GBMS Premium yakni di stasiun Sumpiuh.



Boarding Pass Kereta Api
Jadwal keberangkatan kereta api GBMS Premium dari Stasiun Sumpiuh yaitu pukul 23.04 WIB. Melihat jarak dari rumah saya ke stasiun lumayan jauh, saya pun lebih memilih untuk berangkat sendiri naik kendaraan umum bus ke stasiun. Tersedia banyak bus yang melalui depan jalan stasiun Sumpiuh hingga malam hari, diantaranya, bus rute Jogja-Purwokerto dan Jogja-Cilacap. Saya sendiri berangkat ke dari Karanganyar sekitar pukul 20.40 WIB. Sampai di Stasiun pukul 21.00 WIB. Jika teman-teman mau naik bus dari Karanganyar, bisa menunggu di depan PI Swalayan. Waktu tempuh dari Karanganyar ke depan Jalan Stasiun Sumpiuh kurang lebih 20 menit.


Melihat sekilas, tampilan luar rangkaian kereta api GBMS Premium mirip dengan rangkaian kereta api kelas eksekutif Bima. Ketika naik ke atas rangkaian kereta, saya kagum dengan tampilan interior yang sangat bagus. Dengan tempat duduk/seat 2-2. Satu gerbong berkapasitas sebanyak 64 penumpang. Untuk tempat duduk dapat diatur kemiringannya, dan tempat kaki yang luas. Seperti kereta api lainnya, tersedia stop kontak untuk charger smartphone.



Dengan kereta api GBMS Premium, perjalanan dari Sumpiuh ke Jakarta membutuhkan waktu 6,5 jam. Dari stasiun ke kos banyak tersedia moda transportasi umum, seperti mikrolet, taksi, bajai, hingga transportasi berbasis aplikasi online. Demikanlah Pengalaman Naik Kereta Api Gaya Baru Malam Selatan Premium di Stasiun Sumpiuh

0 Response to "Pengalaman Naik Kereta Api Gaya Baru Malam Selatan Premium di Stasiun Sumpiuh"