Meningkatnya Populasi Kendaraan Bermotor di Jakarta

Meningkatnya Populasi Kendaraan Bermotor di Jakarta - Seperti yang sama-sama kita tahu bahwa populasi atau jumlah kendaraan bermotor khususnya di DKI Jakarta semakin bertambah secara signifikan. Menurut data Polda Metro Jaya, tahun 2015 populasi kendaraan sepeda motor di Jakarta mencapai 74,94 persen atau sejumlah 13,98 juta unit. Dari data tersebut, tidak heran apabila setiap hari kondisi lalu lintas jalan Ibukota padat merayap oleh kendaraan. Terlebih pada waktu jam sibuk yakni pagi serta sore hari.

Pertumbuhan jumlah kendaraan bermotor yang sangat tinggi tidak hanya menimbulkan permasalahan kemacetan. Tapi juga menimbulkan berbagai dampak lainnya. Dampak buruk terhadap lingkungan atau alam seperti pencemaran udara yang ditimbulkan asap kendaraaan bermotor. Pencemaran udara yang tinggi dapat berakibat buruk bagi keseimbangan alam, yaitu pemanasan global atau global warming. Pemanasan global adalah meningkatnya suhu udara di bumi. 

Berikut ini beberapa dampak yang kerap terjadi dengan meningkatnya populasi kendaraan bermotor :
1. Banyak pengemudi/pengendara kendaraan bermotor yang kurang memperhatikan unsur keselamatan berkendara atau safety riding. Masih banyak kita jumpai pengendara yang tidak mematuhi aturan lalu lintas, seperti tidak memiliki SIM, tidak memakai helm, menyetir sambil menelepon, dan sebagainya. Sehingga banyak sekali kejadian musibah kecelakaan bermotor di jalan raya akibat tidak menaati aturan lalu lintas.
2. Saya sering melihat para pengendara bermotor kurang memiliki toleransi kepada pengguna jalan lainnya, contohnya : para pejalan kaki yang kesulitan menyeberang jalan, meskipun sudah memberikan isyarat. Perlu kita pahami juga bahwa para pejalan kaki harus yang diutamakan. 
3. Banyaknya kendaraan yang diparkir sembarangan ternyata dimanfaatkan oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab untuk beraksi. Banyak terjadi kasus pencurian kendaraan bermotor (curanmor), dan kasus pembegalan sepeda motor di tempat sepi. Bukan hanya kendaraan yang dirampas, korban pun mendapat kekerasan dari pelaku begal. Oleh karena itu kita harus selalu berhati-hati.

Itulah beberapa dampak dari meningkatnya populasi kendaraan bermotor. Hati-hati selalu dalam berkendara di jalan raya, ingat keluarga menanti di rumah. Salam sukses. Meningkatnya Populasi Kendaraan Bermotor di Jakarta

0 Response to "Meningkatnya Populasi Kendaraan Bermotor di Jakarta"