Mengisi Waktu Libur di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Kalijodo

Mengisi Waktu Libur di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Kalijodo - Hari libur akhir pekan biasa dimanfaatkan oleh sebagian besar masyarakat Ibukota Jakarta untuk melakukan liburan. Di Jakarta ada banyak sekali tempat liburan, seperti Monumen Nasional (Monas), Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Berlibur di akhir pekan selain dapat berkumpul dan bersantai bersama keluarga, juga dapat digunakan untuk menjernihkan pikiran yang lelah karena kesibukan bekerja.


Saat ini Pemerintah DKI Jakarta terus berupaya menyediakan sarana atau fasilitas bermain dan berolahraga untuk masyarakat. Diantaranya dengan membangun Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA). Di tempat publik tersebut masyarakat dapat berolahraga serta bersantai bersama keluarga. Salah satu RPTRA yang telah diresmikan oleh Pemerintah DKI Jakarta adalah RPTRA Kalijodo. RPTRA ini terletak di Tambora, Jakarta Utara.

Untuk menuju ke RPTRA Kalijodo, kita dapat menggunakan moda transportasi umum Bus TransJakarta atau juga bisa menggunakan Bus Wisata gratis dengan rute Balai Kota - Kalijodo. Bus Wisata yang dioperasikan sebanyak 3 bus, dan khusus akhir pekan di hari Sabtu dan Minggu sebanyak 4 bus. Bus Wisata rute Balai Kota - Kalijodo ini berangkat dari IRTI Lenggang Jakarta. Di IRTI, Bus berhenti selama 15 menit. Sesampainya di Kalijodo, Bus Wisata juga akan berhenti selama 15 menit, kemudian melanjutkan berangkat kembali ke IRTI.

Pertama kali datang ke RPTRA Kalijodo, saya menggunakan TransJakarta dari Halte Cawang Uki. Bus yang dinaiki yaitu rute Pinang Ranti - Pluit, kemudian turun di Halte Busway Jembatan Besi. Dengan berjalan kaki dari halte Busway menuju ke RPTRA Kalijodo sekitar 15 menit. Sampai di RPTRA Kalijodo, saya baru tahu bahwa ada bus Pengumpan Busway yang melalui RPTRA Kalijodo ini.



Di Ruang Terbuka ini, anak-anak, remaja, orang dewasa, hingga orang tua dapat menikmati fasilitas yang tersedia secara gratis, seperti lapangan olahraga futsal, arena permainan perosotan, arena bermain skateboard, dan sebagainya. Kebanyakan anak-anak yang datang ke sini didampingi oleh orang tua mereka. Saya merekomendasikan sekali tempat ini karena sangat cocok untuk masyarakat yang ingin mengisi waktu liburan akhir pekan bersama keluarga. 


Di RPTRA Kalijodo ini, para pengunjung tidak perlu khawatir jika kehausan atau lapar karena tersedia banyak stand penjual makanan/kuliner. Di RPTRA juga tersedia mesin-mesin penjualan minuman dingin. Dan sebagai sarana publik, disediakan fasilitas pendukung seperti toilet/kamar kecil bagi para pengunjung. 



Para pengunjung yang datang ke RPTRA Kalijodo ini umumnya ingin mengambil foto selfie, jogging, bersepeda, atau bermain skateboard. Pada waktu saya datang ke Kalijodo ini, kebetulan sedang ada mobil Perpustakaan keliling Permata milik Pemprov DKI Jakarta. Para pengunjung dapat mampir untuk membaca buku yang disediakan oleh Perpustakaan Umum DKI Jakarta melalui Layanan Perpustakaan Masyarakat Jakarta (Permata) ini.



Liburan ternyata tidak selamanya harus mengeluarkan uang banyak, salah satunya dengan berlibur secara gratis di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Kalijodo. Mengisi Waktu Libur di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Kalijodo

0 Response to "Mengisi Waktu Libur di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Kalijodo"