Mencoba Rute Baru TransJakarta Koridor 13 Rute Kapten Tendean-Ciledug

Mencoba Rute Baru TransJakarta Koridor 13 Rute Kapten Tendean-Ciledug - Sebetulnya di hari libur Minggu ini saya tidak memiliki rencana pergi kemana-mana, mengingat saat ini kondisi lalu lintas di beberapa titik di wilayah DKI Jakarta padat merayap, karena dampak beberapa proyek pembangunan yang tengah berlangsung. Namun rencana yang pada awalnya ingin bersantai di rumah, tiba-tiba saya berubah pikiran setelah membaca sebuah berita menarik bahwa hari ini Minggu, 13 Agustus 2017 sedang dilakukan pengoperasian pertama layanan Bus TransJakarta Koridor 13 dengan rute Tendean hingga Ciledug. Panjang jalur TransJakarta (busway) Tendean - Ciledug mencapai 9,4 kilometer. Dengan ketinggian jalur layang yang bervariasi antara 10 meter sampai 15 meter. Jumlah halte ada 13, 10 halte berada di jalur layang, dan 3 halte berdampingan dengan jalan umum. Kabar menariknya lagi, pada hari pertama pengoperasiannya tidak dikenakan tarif alias gratis.


Dari situ saya semakin bersemangat ingin mencoba menggunakan layanan baru Bus TransJakarta Koridor 13. Karena memang sejak awal hari ini tidak memiliki rencana pergi keluar, jadi barulah sekitar pukul 12.30 siang saya berangkat naik TransJakarta dari Halte Tebet BUMD. Saya ingin sedikit memberikan saran, jika teman-teman naik TransJakarta dari Halte Cawang UKI atau BNN, naiklah TransJakarta yang langsung masuk ke jalan tol dan langsung menuju ke Halte Tegal Parang. Karena apabila teman-teman naik TransJakarta yang lewat jalan biasa melalui Pancoran Tugu, besar kemungkinan akan terkena kemacetan.

Setelah tiba di Halte Tegal Parang, saya keluar dari halte dan bergegas menyeberang Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) lalu berjalan kaki menuju Halte Tendean. Terlihat beberapa Petugas TransJakarta, ada yang bertugas mensterilkan jalur busway. Saya bertanya kepada Petugas di loket, ternyata benar sedang dilakukan pengoperasian hari pertama layanan Bus TransJakarta rute Tendean-Ciledug, bagi masyarakat yang ingin mencoba tidak dikenai tarif alias gratis, berlaku khusus pada hari ini saja Minggu, 13 Agustus 2017.
Halte Tendean memiliki desain yang memanjang dan luas yang dapat menampung banyak Pengguna TransJakarta. Tersedia tempat duduk panjang, Alat Pemadam Api Ringan (APAR), tempat sampah, kipas angin, serta disediakan fasilitas toilet. Fasilitas-fasilitas tersebut dibuat untuk memanjakan Pengguna. Dan satu hal yang penting adalah halte ini dibuat ramah bagi para penyandang difabel.

Pengoperasian layanan Bus TransJakarta Koridor 13 Tendean-Ciledug akan dikenakan tarif mulai 14 Agustus 2017, yakni sebesar Rp 3500. Rute-rute yang dilalui Bus TransJakarta yaitu Ciledug-Blok M (pukul 05.00 - 19.00), Ciledug-Pancoran Barat (pukul 05.00 - 19.00), Ciledug-Bundaran Hotel Indonesia (HI) (pukul 05.00 - 07.00). 


Ketika hari pertama pengoperasian Bus TransJakarta Koridor 13 ini, terlihat warga masyarakat sangat antusias untuk mencoba. Kebanyakan mereka adalah rombongan ibu-ibu yang membawa serta anaknya, pasangan suami istri dan anak balita, anak remaja, serta orang-orang dewasa yang sengaja datang ingin mencoba menggunakan layanan baru Bus TransJakarta. Bus TransJakarta memiliki interior yang bagus, tempat duduk berwarna coklat, dan merah (kursi prioritas). Bus menggunakan susunan bangku 2-2 menghadap ke depan. Dan lantai bus semakin elegan dengan motif kayu.

Dengan beroperasinya layanan baru Bus TransJakarta Koridor 13, perjalanan yang biasanya dari Tendean sampai Ciledug memakan waktu lama, sekarang hanya butuh waktu 20 menit. Mencoba Rute Baru TransJakarta Koridor 13 Rute Kapten Tendean-Ciledug

0 Response to "Mencoba Rute Baru TransJakarta Koridor 13 Rute Kapten Tendean-Ciledug"