Bersihnya Sungai DKI Jakarta Karena Jasa Pasukan Orange

Bersihnya Sungai DKI Jakarta Karena Jasa Pasukan Orange  - Sungai-sungai di DKI Jakarta sudah terjaga kebersihannya. Ini karena Pemprov  DKI Jakarta melalui Suku Dinas Kebersihan mempekerjakan para Petugas Kebersihan atau orang sering menyebutnya Pasukan Orange. Setiap hari mereka bekerja keras untuk membersihkan sampah-sampah plastik, botol, yang hanyut di sungai. 


Bersihnya Sungai DKI Jakarta Karena Jasa Pasukan Orange 
Pasukan Orange ini tidak hanya bertugas membersihkan sampah yang hanyut di sungai. Mereka juga bertanggung jawab dalam menjaga kebersihan jalan dan trotoar, membersihkan saluran got atau selokan, melakukan pemangkasan pohon yang rimbun, serta tugas mulia lainnya.




Terlihat sekali pekerjaan yang mereka lakukan sangatlah berat dan melelahkan. Sebetulnya mereka tidak perlu bekerja keras sampai seperti itu, asalkan masyarakat patuh dan tidak membuang sampah sembarangan di sungai. Perilaku membuang sampah sembarangan di sungai, selokan atau got akan menimbulkan kerugian bagi semua orang. Misalnya suatu ketika turun hujan lebat, namun saluran got-got yang ada tersumbat oleh tumpukan sampah, maka air tidak bisa mengalir dan menimbulkan banjir.

Tentu kita tidak ingin tertimpa musibah banjir seperti itu. Oleh karenanya, masyarakat harus memiliki kesadaran masing-masing untuk selalu menjaga kebersihan lingkungannya. Sebenarnya, bukan hanya sadar untuk taat membuang sampah pada tempatnya, namun harus juga memilah sampah yang akan dibuang. Dipisahkan antara sampah yang organik dan anorganik. Pengertian sampah organik yaitu sampah yang dapat terurai secara alami oleh bakteri, misalnya dedaunan dan ranting pohon. Sedangkan sampah anorganik yaitu sampah yang tidak dapat terurai oleh bakteri secara alami dan membutuhkan waktu yang sangat lama dalam penguraiannya. Contoh sampah anorganik antara lain : kaca, kaleng, besi, dan lain-lain. Bersihnya Sungai DKI Jakarta Karena Jasa Pasukan Orange


0 Response to "Bersihnya Sungai DKI Jakarta Karena Jasa Pasukan Orange "