Patuhi Rambu Lalu Lintas Untuk Aman, Nyaman, dan Selamat Sampai Tujuan

Patuhi Rambu Lalu Lintas Untuk Aman, Nyaman, dan Selamat Sampai Tujuan - Mengendarai kendaraan bermotor roda empat atau roda dua di jalan raya harus selalu berhati-hati. Seringkali musibah kecelakaan lalu lintas diakibatkan kelalaian si pengemudi. Bila terjadi hal demikian, yang ada hanya penyesalan. Oleh karenanya, bilamana dalam berkendera sudah merasa kelelahan dan mengantuk, usahakanlah untuk segera beristirahat. Memaksakan berkendara dengan kondisi badan yang lelah dan ngantuk dapat berakibat fatal.


Kecelakaan lalu lintas bukan hanya disebabkan oleh faktor kelalaian manusianya saja, tetapi juga banyak penyebab lainnya. Hal-hal yang berpotensi besar menyebabkan terjadinya kecelakaan lalu lintas, diantaranya : tidak memiliki urat Izin Mengemudi (SIM), dan kendaraan yang digunakan sudah tidak laik jalan. Berkaca kepada negara maju di kawasan Asia, seperti Jepang, setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan harus mutlak memiliki SIM. Jika kedapatan mengemudi tidak memiliki SIM, maka akan dikenai denda yang jumlahnya sangat besar, serta pidana kurungan. Di Indonesia juga menerapkan peraturan yang sama, dimana setiap orang diwajibkan sudah memiliki SIM ketika mengemudikan kendaraan bermotor di jalan raya. Jika tidak memiliki SIM, dapat dikenai pidana kurungan dan denda.

Namun, saya rasa kesadaran masyarakat kita masih kurang. Peraturan yang dibuat dengan tujuan menciptakan keamanan dan keselamatan berkendara belum dipatuhi sepenuhnya oleh seluruh masyarakat. Tidak terhitung berapa banyak pengendara yang belum mempunyai SIM, namun nekad mengemudikan kendaraannya di jalan raya. Itu berarti keterampilan, kecakapan, serta pengetahuan pengemudi tersebut belum teruji karena tidak memiliki SIM dari Kepolisian. Selain itu, kurangnya kemahiran dalam mengemudikan kendaraan bermotor dapat beresiko fatal bagi orang lain di sekitar. Contohnya : pengemudi yang tidak mengerti rambu lalu lintas.

Penyebab lainnya terjadinya kecelakaan lalu lintas adalah sikap yang terburu-buru. Banyak orang yang mengemudi atau mengendari kendaraannya dengan mengebut, dengan harapan supaya cepat sampai ke tujuan. Hal tersebut tentunya sangat beresiko bagi keselamatannya. Misalnya : apabila tiba-tiba ada penyebrang jalan, maka pengereman yang dilakukan tentu tidak maksimal, dan beresiko kendaraan akan menabrak atau terpeleset ke aspal. Boleh mengebut asalkan memperhatikan situasi dan kondisi jalan, dan selalu mematuhi rambu lalu lintas. Karena pada dasarnya "Keselamatan adalah yang Utama". Patuhi Rambu Lalu Lintas Untuk Aman, Nyaman, dan Selamat Sampai Tujuan

0 Response to " Patuhi Rambu Lalu Lintas Untuk Aman, Nyaman, dan Selamat Sampai Tujuan"