Cara Membuat E-Paspor dan Syarat-Syaratnya

Cara Membuat E-Paspor dan Syarat-Syaratnya - Paspor merupakan suatu dokumen resmi yang dikeluarkan oleh Pejabat yang berwenang di sebuah negara yang di dalamnya memuat  identitas pemegangnya dan berlaku untuk melakukan perjalanan antara negaa di dunia. Di negara Indonesia sendiri, yang berwenang mengeluarkan Paspor adalah Kementrian Hukum dan HAM melalui Kantor Imigrasi.
Cara Membuat E-Paspor dan Syarat-Syaratnya
Tahun 2010 silam, ketika saya baru lulus SMK sudah pernah membuat Paspor Biasa 48 halaman. Seperti yang kita ketahui, masa berlaku Paspor di Indonesia adalah 5 tahun. Sehingga, masa berlaku Paspor saya telah habis sejak Desember 2015, dan perlu melakukan permohonan penggantian Paspor yang baru.

Singkat cerita, minggu ini saya pergi ke Kantor Imigrasi Kelas I yang berada di wilayah DKI Jakarta untuk melakukan permohonan penggantian Paspor saya. Dengan datang langsung (Walk-In) ke Kantor Imigrasi untuk mengajukan permohonan Paspor.

Proses pengambilan nomor antrian permohonan Paspor dimulai pada pukul 7.30 WIB sampai pukul 10.00 WIB (Setelah lewat waktu tersebut, pengambilan nomor antrian berhenti otomatis). Sebenarnya, untuk pengambilan nomor antrian permohonan Paspor tersebut dapat dilakukan secara online dengan aplikasi Adroid Smartphone, tetapi untuk saat ini belum semua Kantor Imigrasi menerapkan sistem pengambilan antrian online ini.

Pemohon yang mengantre untuk melakukan permohonan Paspor sangat ramai. Menurut pengalaman saya, meskipun untuk pengambilan nomor antrian pemohonan Paspor baru dilakukan mulai pukul 07.30, tetapi saat saya datang pukul 06.15, jumlah pemohon yang sudah duduk menunggu antrian sudah banyak. Saya menyarankan agar datang lebih awal ketika akan mengurus Paspor.

Selum mengambil nomor antrian, Petugas Imigrasi akan mengecek dokumen yang kita miliki. Jika ternyata persayaratan dokumen yang dibawa tidak lengkap, atau terdapat kesalahan data, maka Pemohon belum bisa mengajukan permohonan Paspor. Solusinya adalah Pemohon melengkapi terlebih dahulu kekurangan persyaratan yang dibutuhkan, serta memperbaiki kesalahan data pada dokumen. Untuk lebih jelasnya, dibawah ini syarat-syarat untuk mengajukan permohonan Paspor :
1. Asli KTP dan fotocopy 1 lembar. Harus menggunakan e-KTP atau KTP elektronik atau Surat Keterangan Kependudukan dari Dinas Terkait. Untuk KTP non elektronik tidak diterima.
2. Asli Kartu Keluarga dan fotocopy 1 lembar.
3. Asli Akte Lahir/Ijazah dan fotocopy 1 lembar.
4. Paspor lama (jika sebelumnya sudah pernah memiliki Paspor).


 Syarat-syarat untuk mengajukan permohonan Paspor
Selain itu, apabila membuat Paspor di wilayah yang berbeda dengan alamat KTP, harus melampirkan surat rekomendasi dari Perusahaan/tempat kita bekerja. Apabila persyaratan sudah lengkap dan benar, kita tinggal menunggu untuk dipanggil foto dan wawancara. Pada saat wawancara ini, kita harus menjelaskan tujuan pembuatan Paspor dengan jelas agar diterima. Selesai foto dan wawancara, kita akan diberi nomor virtual untuk pembayaran pembuatan Paspor. Proses pembuatan E-Paspor hingga jadi memakan waktu kurang lebih 5 hari kerja. 

0 Response to "Cara Membuat E-Paspor dan Syarat-Syaratnya"