Berwisata ke Air Terjun Sarang Tawon dan Bendungan BDR Jember

Berwisata ke Air Terjun Sarang Tawon dan Bendungan BDR Jember - Mengisi waktu liburan sangat bermanfaat bagi kita yang kesehariannya memiliki jadwal pekerjaan yang padat. Liburan dapat membuat otak kita menjadi fresh dan lebih siap untuk menghadapi rutinitas pekerjaan seperti biasanya. Mungkin salah satu tempat wisata ini dapat membuat Anda sejenak melupakan aktivitas padat yang Anda miliki.


Ada dua tempat yang saya rekomendasikan buat teman-teman yang suka berpetualang. Meninggalkan keramaian kota dan bisingnya kendaraan bermotor. Tempat wisata yang pertama adalah Air Terjun Sarang Tawon yang bertempat di Desa Sanenrejo, Kabupaten Jember. Dengan perbukitan, hutan yang masih asri dan terjaga, yang dapat memanjakan mata kita selama perjalanan.  Air Terjun Sarang Tawon ini sendiri terbagi menjadi 4 air terjun. Yang pertama dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 40 menit dengan berjalan kaki dari kaki gunung. 




Perjalanannya tidak terlalu susah karena kondisi jalan yang tidak terlalu menanjak. Saya menyarankan untuk tidak memakai motor trill. Karena medan yang tidak memungkinkan untuk menggunakannya. Setengah perjalanan dari kaki gunung, maka akan sampai di pos pertama yang memilki dua rumah pohon. Bagi yang hobi banget buat photo selfie, pos ini menjadi salah satu yang saya rekomendasikan. Dari situ kita berjalan kurang lebih 20 menit. Selama perjalanan, kita akan disuguhkan dengan keindahan ciptaan Tuhan, banyaknya suara burung yang saling bersahutan membuat rasa lelah rasanya sedikit terobati. Tidak hanya suara burung yang akan menghiasi perjalanan, jika Anda beruntung maka Anda akan bertemu beberapa kera yang melintas atau bahkan sedang mencari makan.

Setelah menempuh perjalanan selama hampir 40 menit barulah kita akan sampai di Air Terjun Sarang Tawon yang pertama. Air terjun yang pertama tidak terlalu besar. Namun sudah bisa membayar rasa lelah setelah menempuh perjalanan panjang. Air yang dingin dan sangat jernih membuat siapa saja akan ingin bermain air di sini.

Tapi karena Air Terjun Sarang Tawon ini terbilang masih sangat baru maka pengunjungnya juga masih terbilang sedikit. Hanya orang-orang yang suka mendaki dan mencari tantangan yang mau mendaki untuk melihat air terjun yang sangat cantik ini. Ketika itu, saya tidak melanjutkan perjalanan menuju ke air terjun kedua, ketiga maupun keempat karena keterbatasan waktu. Jadi mungkin lain kali saya akan mencobanya.

Setelah turun dari gunung, saya akan mengajak teman-teman untuk menuju tempat wisata yang kedua, yaitu Bendungan BDR. Jarak tempuh kurang lebih 5 km dari wisata Air Terjun. Bendungan ini memang sangat cocok untuk piknik, atau sekedar jalan-jalan dengan teman, pacar, atau selingkuhan. :-D Saya bahkan sampai terkagum-kagum dengan bendungan yang besar dengan air yang mengalir turun seperti air terjun buatan yang besar. Seperti foto dibawah ini.

Bendungan BDR





Banyak lokasi spot foto yang bagus di tempat ini, bahkan disediakan juga penyewaan perahu yang terbuat dari bambu untuk mengitari seluruh bendungan. Bisa juga dibuat tempat foto prewedding di atas perahu bambu tersebut.

Oke, jadi kalau pergi ke sini, saya sarankan untuk membawa makanan dan minuman sendiri dari rumah. Tetapi ingat buanglah sampah pada tempatnya. Para pengelola sudah menyiapkan tempat sampah disetiap sudut. Ada yang unik di wisata Bendungan ini, yaitu tiap pohon atau tumbuhan yang ditanam disana bukan seolah-olah buat penghias taman aja, tapi juga diberikan informasi yang ditempel di pohon tentang nama pohon atau tanaman tersebut, bahkan kegunaan tanaman atau pohon untuk kesehatan tubuh kita.

Jika memang kalian ingin mencari tempat wisata yang suasananya sejuk dan nyaman, kunjungilah salah satu tempat yang saya rekomendasikan tadi. Kalau untuk tiket masuk ke Air Terjun Sarang Tawon itu gratis. Hanya membayar parkir sepeda motor sebesar Rp. 5.000,- dan mobil Rp. 20.000,-. Jika boleh saya menyarankan jika ingin pergi kedua tempat wisata tersebut, naiklah kendaraan bermotor karena jalanan yang sempit, berbatu dan menanjak.

Untuk tiket masuk ke wisata Bendungan BDR sebesar Rp. 5.000,- untuk sepeda motor dan Rp. 15.000,- untuk mobil. Tapi saya lebih suka pergi ke Bendungan BDR karena tempatnya memang familyabel banget :-D. Satu yang disayangkan jalanan disana masih belum diaspal, masih berupa jalan tanah, berlubang di sana-sini. Berbatu tajam disana-sini membuat saya di mobil bisa bergoyang seperti lagu dangdut. Mudah-mudahan suatu hari nanti saat saya atau teman-teman ke sini, jalan sudah mulus tanpa hambatan. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dimanapun berwisata. Karena sebagus apapun tempatnya tapi kalau banyak sampahnya akan tidak bagus lagi jadinya. :-D
Berwisata ke Air Terjun Sarang Tawon dan Bendungan BDR Jember

0 Response to "Berwisata ke Air Terjun Sarang Tawon dan Bendungan BDR Jember"