Suasana Bongkar Ikan Di Pelabuhan Perikanan Samudera Muara Baru Jakarta Utara

Suasana Bongkar Ikan Di Pelabuhan Perikanan Samudera Muara Baru - Hari ini saya berkesempatan untuk mengunjungi Pelabuhan Perikanan Samudera Nizam Zachman Jakarta atau lebih dikenal dengan Pelabuhan Perikanan Muara Baru. Letak Pelabuhan ini di Kelurahan Penjaringan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara. Kapal-kapal ikan berbobot diatas 100 GT banyak yang sandar di Pelabuhan ini. Kapal perikanan Madidihang yang merupakan kapal yang digunakan praktek para taruna Sekolah Tinggi Perikanan (STP) juga bersandar di Pelabuhan ini. Secara total luas wilayah Pelabuhan Perikanan Muara Baru ada 100 hektar.

Pelabuhan Perikanan Samudera Nizam Zachman Jakarta

Hari ini ternyata keberuntungan berpihak pada kami, banyak kapal yang sedang melakukan bongkar ikan. Yang pertama kami lihat adalah proses bongkar kapal penampung frozen fish (ikan beku) yang membawa ikan lemuru. Kemudian di sebelahnya ada proses bongkar ikan hiu, tuna, tenggiri, lemadang. Saya merasa penasaran dengan salah satu proses bongkar ikan yakni ikan hiu. Dalam hati saya bertanya-tanya, sebenarnya ikan hiu ini akan diolah menjadi apa? Saya mencoba menanyakan ini kepada salah satu petugas bongkar yang ada ditempat  tersebut dan saya mendapatkan informasi bahwa ikan hiu banyak dikonsumsi menjadi menu yang lezat. Saya kaget karena belum pernah sekalipun mengkonsumsi ikan ini.


Kemudian, kami juga melihat kapal yang melakukan proses bongkar ikan tuna. Melihat bongkar ikan tuna, saya membayangkan nikmatnya jika dibuat sashimi. Selanjutnya ada ikan lemadang (dalam bahasa Jepang dinamakan Shira). Ikan lemadang merupakan komoditi yang tersebar di lepas pantai seluruh wilayah Indonesia. Ukuran ikan lemadang cukup besar. Penangkapan ikan lemadang ini menggunakan alat tangkap pancing. Dan ada juga ikan tenggiri, yang banyak diolah menjadi masakan yang lezat.


Tidak puas sampai melihat di satu tempat saja, kami mencoba kembali mengitari Pelabuhan. Kami melihat kapal ikan alat tangkap jaring (purse seine) yang sedang melakukan proses bongkar ikan cakalang atau tongkol. Dikatakan oleh seorang Anak Buah Kapal (ABK) dikapal tersebut kepada saya bahwa pada bulan ini sedang musim penangkapan ikan, sehingga banyak kapal yang masuk ke Pelabuhan Muara Baru dan melakukan proses bongkar ikan.


Setelah melihat banyaknya kapal ikan berukuran besar yang melakukan proses bongkar ikan di Pelabuhan Muara Baru ini, saya menjadi semakin yakin bahwa negara yang kita cintai Indonesia memiliki potensi yang luar biasa besar dalam perikanan tangkap. Sehingga potensi kekayaan perikanan laut Indonesia yang melimpah ini perlu dimanfaatkan dengan baik untuk kesejahteraan masyarakat. Demikian terima kasih sudah membaca Suasana Bongkar Ikan Di Pelabuhan Perikanan Samudera Muara Baru Jakarta Utara