Panduan Mudik Lebaran Dengan Kereta Api

Panduan mudik lebaran dengan menggunakan kereta api. Mudik bukan hanya sekadar ritual, setiap tahun jutaan masyarakat Indonesia rela menghabiskan waktu hingga berpuluh jam, serta menempuh jarak ratusan sampai ribuan kilometer untuk pulang ke kampung halamannya. Bagi kebanyakan orang, momen hari raya lebaran merupakan saat yang sangat menyenangkan karena berkumpul dan silaturahmi dengan sanak keluarga di kampung halaman. Maka jangan heran jika hari raya lebaran tiba, masyarakat diperantauan berbondong-bondong melakukan perjalanan mudik ke kampung halamannya. 

Berbagai persiapan harus dilakukan agar rencana perjalanan mudik lebaran dapat berjalan lancar, mulai dari persiapan dana, tanggal keberangkatan, dan lain sebagainya. Untuk menghadapi momen mudik lebaran, setiap tahun disiapkan moda transportasi dalam jumlah besar, diantaranya: pesawat, kereta api, bus, dan kapal laut. Dari sekian banyak moda transportasi yang ada, transportasi kereta api menjadi favorit masyarakat dari tahun ke tahun. Masyarakat menilai kereta api sebagai transportasi yang nyaman, aman dan tepat waktu, terutama untuk perjalanan mudik lebaran ke kampung halaman. Untuk memesan tiket kereta api mudik lebaran, kita bisa memanfaatkan berbagai fasilitas pemesanan yang telah disediakan oleh PT KAI, diantaranya melalui website KAI, aplikasi KAI Access dan Contact Center KAI 121. Baca juga: Memesan Tiket Kereta Api Mudik Lebaran


Bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik dengan kereta api, maka harus memiliki rencana keberangkatan dan mempersiapkannya sejak jauh hari. Berikut adalah panduan bagi Anda yang melakukan perjalanan mudik lebaran dengan kereta api:
  • Siapkan dana dan tentukan tanggal keberangkatan mudik.
  • Lakukan pemesanan tiket mudik lebaran kereta api  melalui website resmi KAI, contact center KAI 121, aplikasi KAI Access, atau channel resmi pemesanan tiket lainnya. Hindari membeli tiket kereta api melalui calo tiket. Baca juga: Pemesanan Tiket Kereta Api Lebaran 2017 di Channel atau Mitra Resmi PT KAI
  • Segera ajukan permohonan cuti kepada pimpinan di kantor.
  • Selalu menjaga kesehatan, yaitu dengan cara menjaga pola makan yang teratur dan seimbang, melakukan olahraga ringan sehabis berbuka puasa, dan melalukan istirahat yang cukup setiap hari.
  • Menyelesaikan urusan pekerjaan di kantor dengan baik. 
  • Jangan lupa memberitahu ibu kos atau petugas keamanan/security komplek perumahan mengenai tanggal keberangkatan mudik Anda.
  • Siapkan perangkat keamanan tambahan di rumah Anda, seperti gembok alarm anti maling.
  • Simpan barang-barang berharga di tempat yang aman dan tersembunyi.
  • Belanja camilan/jajanan untuk perjalanan mudik.
  • Siapkan hiburan yang bisa digunakan selama perjalanan, misalnya dengan membuat daftar lagu favorit, download film dan game seru, dan membeli paket internet dan pulsa telepon.
  • Selanjutnya kemasi barang-barang yang mau dibawa dalam ransel atau koper.
Persiapan hari keberangkatan, istirahat yang cukup, jangan lupa pasang alarm, jangan lupa untuk sahur atau buka puasa, matikan sambungan listrik alat elektronik di rumah, dan pesan ojek atau taksi untuk berangkat ke stasiun. Kemudian di stasiun tinggal cetak boarding. Naik gerbong sesuai dengan boarding pass dan berangkat.

0 Response to "Panduan Mudik Lebaran Dengan Kereta Api"