Cetak Boarding Pass Kereta Api Bisa Dilakukan 7x24 Jam Sebelum Keberangkatan

Kabar baik bagi Anda pengguna jasa layanan kereta api, mulai tanggal 3 April 2017 PT. Kereta Api Indonesia (KAI) menerapkan peraturan baru yaitu calon penumpang sudah bisa mencetak boarding pass dengan kode booking atau kode pembayaran di Check-In Counter dalam rentang waktu 7 hari atau 7x24 jam sampai dengan 10 menit sebelum jadwal keberangkatan kereta.

Cetak Boarding Pass di Check-In Counter
Ketentuan baru ini bertujuan untuk menghindari terjadinya antrean panjang calon penumpang yang hendak mencetak boarding pass di Check In Counter di stasiun-stasiun pemberangkatan. Calon penumpang dapat mencetak boarding pass dengan menggunakan kode booking atau kode pembayaran yang diterima hanya di stasiun keberangkatan. Perubahan aturan rentang waktu dalam mencetak boarding pass ini semakin memudahkan para pengguna. Karena bisa mencetak jauh-jauh hari yaitu 7x24 jam sampai dengan 10 menit sebelum jadwal keberangkatan kereta api.

Bagi penumpang dewasa saat melakukan proses boarding, selain menggunakan identitas KTP dapat menggunakan identitas asli resmi berfoto dan masih berlaku, seperti, Surat Izin Mengemudi (SIM), Passpor, Kartu Tanda Mahasiswa, Kartu Pegawai, Buku Nikah atau Ijazah Terakhir.

Tiket atau boarding pass yang dimiliki tersebut tidak dapat untuk dipindahtangan kepada orang lain, hanya pemilik tiket asli yang dapat menggunakan keberangkatan kereta api sesuai dengan kartu identitas yang tercantum.

Dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanannya kepada para pengguna, PT. KAI mengubah aturan waktu masuk ke dalam peron stasiun bagi calon penumpang, yaitu yang sebelumnya 1 jam sebelum jadwal keberangkatan, sekarang 3 jam sebelum jadwal keberangkatan sudah dapat masuk ke peron stasiun.

Beberapa peraturan tambahan lain juga diterapkan oleh PT. KAI mulai bulan akhir bulan Maret 2017, diantaranya ketentuan bagi para penumpang ibu hamil, tiket infant untuk anak usia dibawah 3 tahun, serta aturan larangan tidur di lantai kabin maupun bordes (sambungan) kereta api. Para penumpang di larang tidur di lantai kabin dan bordes dikarenakan berbahaya dan mengganggu jalannya evakuasi bilamana terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan.

Sebagai pengguna setia jasa layanan kereta api, saya menilai bahwa semua peraturan tambahan yang dibuat itu memang perlu diterapkan supaya tercipta rasa aman dan nyaman para penumpang/pengguna jasa layanan kereta api.

4 Responses to "Cetak Boarding Pass Kereta Api Bisa Dilakukan 7x24 Jam Sebelum Keberangkatan"

Bang Ali said...

Jadi ini bisa dong 1 hari sebelum keberangkatan?

Admin said...

cetak dapat dilakukan jauh-jauh hari yaitu 7x24 jam sampai dengan 10 menit sebelum jadwal keberangkatan kereta api.

Fylia Pebiyanti said...

Jadi kalo udah pesan ticket minggu kemarin terus mau cetak ticket nya sebelum berangkat juga bisa?

Kai said...

bisa Kak, dicetak mulai 7 hari sebelum jadwal keberangkatan.