Tips Aman dan Nyaman Mudik Naik Kereta Api

Tips aman dan nyaman mudik naik kereta api - Kereta api menjadi transportasi favorit masyarakat, terutama pada saat momentum mudik lebaran dan hari-hari libur. Banyak faktor yang menyebabkan masyarakat lebih memilih menggunakan transportasi kereta api dibandingkan kendaraan pribadi. Kereta api membarikan pengalaman perjalanan yang aman, nyaman, serta tepat waktu di tempat tujuan. Dari sisi harga, tiket kereta api bisa dijangkau seluruh masyarakat.

Tips Mudik Aman Naik Kereta Api

Semenjak diberlakukannya aturan ketat mengenai pemesanan tiket kereta api, jumlah tiket yang dijual sesuai dengan jumlah kursi yang tersedia di setiap rangkain kereta api. Sehingga penumpang yang sudah memiliki tiket dipastikan akan memperoleh kursi atau tempat duduk. Ada banyak hal yang harus kita diperhatikan pada saat melakukan perjalanan mudik mengggunakan tranportasi kereta api. Berikut ini akan saya bagikan tips aman dan nyaman mudik naik kereta api :

Pertama, sebelum mulai melakukan perjalanan jauh menggunakan kereta api, jagalah kondisi tubuh agar tidak sakit. Perjalanan kereta api jarak jauh akan menghabiskan waktu 7 sampai 12 jam. Sehingga tubuh kita perlu istirahat yang cukup supaya dalam perjalanan nanti tidak terlalu capek. Di dalam perjalanan, biasanya tidak akan bisa tidur atau istirahat dikarenakan suasana di dalam kereta yang penuh dengan penumpang. Dan juga biasanya terjadi banyak percakapan sesama penumpang. Untuk menghindari hal-hal seperti itu, ada baiknya mengambil istirahat yang cukup sebelum hari perjalanan atau keberangkatan.

Kedua, banyak kereta api yang keberangkatannya pagi dari stasiun di Jakarta. Untuk mengantisipasi terlambat datang ke stasiun, sebaiknya berangkatlah lebih awal. Bilamana mengalami kendalan untuk mendapatkan angkutan umum ke stasiun pada waktu pagi hari, biasanya banyak yang menunggu sampai pagi di stasiun. Namun sebenarnya hal tersebut tidak diperbolehkan karena sudah ada aturan dilarang tidur atau bermalam di stasiun. Aturan tersebut tidak lain adalah untuk menjaga keamanan dan kenyamanan para calon penumpang kereta api. Namun kenyataanya masih banyak calon penumpang yang tidur di satasiun untuk menunggu kereta pemberangkatan pada pagi hari. Banyak yang kurang memperhatikan atau menjaga barang-barang yang dibawanya.

Ketiga, pastikan barang bawaan atau bagasi tidak melebihi ukuran dan berat maksimal yang ditentukan. Syarat dan ketentuan bagasi kereta api, ukuran maksimal adalah 100 dm dengan dimensi 70 cm, 48 cm, dan 30 cm. Kemudian berat maksimal adalah 20 kg (gratis/tidak dikenakan biaya tambahan).  Lebih dari 20 kg sampai dengan maksimal 40 kg akan dikenakan biaya tambahan sesuai kelas kereta api. Jika beratnya melebihi 40 kg, tidak diperbolehkan dinaikkan kedalam kereta api, namun disarankan untuk dikirimkan via logistik atau ekspedisi.

0 Response to "Tips Aman dan Nyaman Mudik Naik Kereta Api"