Penerapan Aturan Larangan Tidur di Lantai Kabin dan Bordes Kereta Api

Kapan penerapan aturan larangan tidur di lantai kabin dan bordes kereta api? Demi menjaga keselamatan dan kenyamanan para penumpang, PT. Kereta Api Indonesia (KAI) memberlakukan aturan baru bagi para pengguna jasa layanan kereta api. Aturan ini berlaku mulai  perjalanan tanggal 31 Maret 2017 untuk para penumpang kereta api tidak diperbolehkan atau dilarang tidur di lantai kabin maupun bordes. Penerapan aturan ini bertujuan untuk mempermudah proses atau tindakan evakuasi apabila terjadi suatu hal yang tidak diinginkan pada perjalanan kereta api.

Kereta Api Kutojaya Utara di Stasiun Karanganyar
Penumpang yang tidur di bordes tersebut dapat mengganggu atau menghalangi proses evakuasi karena berada tepat di pintu akses utama kereta. Jika penumpang tidur di lantai juga akan mengganggu kenyamanan penumpang lainnya, misalnya: akses lalu lalang penumpang menjadi sulit, penumpang disekitarnya menjadi terganggu.

Jika kita menengok kembali ke belakang bagaimana wajah kereta api, sebelumnya kereta api kelas ekonomi belum dilengkapi dengan pendingin ruangan atau AC, jumlah penumpang melebihi jumlah kursi yang tersedia dan akibatnya penumpang harus rela berdiri, jongkok, bahkan tiduran di lantai kabin, kolong kursi, bordes. Dengan kondisi penuh sesak seperti itu, para pedagang tidak berhenti lalu lalang menawarkan barang dagangan. Dibandingkan dengan wajah kereta api sekarang ini sudah jauh berbeda. Dari segi kebersihan, keamanan dan kenyamanan bisa kita lihat dan rasakan bersama.

Perubahan yang bisa dirasakan maitu mulai dari pemesanan tiket secara online, sehingga kita tidak perlu khawatir tidak akan mendapat tempat duduk. Petugas keamanan yang ditempatkan di setiap perjalanan kereta api untuk menjaga rasa aman para penumpang. Ketepatan jadwal pemberangkatan dan jadwal kedatangan di stasiun tujuan kita.

0 Response to "Penerapan Aturan Larangan Tidur di Lantai Kabin dan Bordes Kereta Api"