Modal yang Wajib dimiliki Peserta Program Magang di Jepang

Modal utama yang wajib dimiliki para peserta program magang di Jepang - Negara Jepang masih menjadi tujuan utama para pencari kerja di Tanah Air. Banyak yang berusaha keras agar dapat lulus dalam proses seleksi, mengikuti proses pendidikan, dan selanjutnya berangkat dan memulai program magang di Jepang selama 3 tahun. Mereka yang berangkat ke Jepang memiliki sebuah harapan yang besar, yaitu kelak dapat membawa pulang modal cukup nntuk dapat dipergunakan dalam memulai usaha sendiri di Indonesia.

Untuk dapat mengikuti program magang di Jepang, ada berbagai prosedur yang harus dilalui di Indonesia. Mulai dari proses seleksi di daerah, proses belajar bahasa dan budaya Jepang, serta pelatihan ketrampilan yang diperlukan ketika bekerja di perusahaan yang penempatan pemagang sendiri. Proses sampai dengan berangkat ke Perusahaan di Jepang memang membutuhkan waktu yang tidak sebentar, karena peserta pemagang sebelumnya harus belajar bahasa Jepang dasar di negaranya.

Negara Jepang banyak mendatangkan para pemagang dari luar negeri, diantaranya dari China, Myanmar, dan juga Indonesia. Peserta magang dari Indonesia dikenal rajin, teliti dan tidak banyak mengeluh dalam bekerja. Orang Jepang sangat menyukai para pemagang dari Indonesia. Oleh karenanya, bagi para pemagang yang saat ini masih tinggal dan melaksanakan program magang di Jepang diharapkan agar senantiasa menjaga nama baik bangsa, karena ketika mengikuti program magang di Jepang berarti kita membawa nama negara Indonesia di pundak masing-masing.

Para peserta magang Indonesia yang ada di Jepang tidak hanya berasal dari satu daerah, tetapi mereka berasal dari berbagai penjuru daerah di Indonesia. Tentunya para pemagang tersebut memiliki sifat dan karakter yang berbeda-beda pula. Namun, pada waktu mereka sudah berada dalam lingkup pekerjaan di perusahaan, maka harus bisa mejaga hubungan baik satu sama lain.


Mereka yang datang di Jepang pasti memiliki tujuan untuk meraih kesuksesan dan kebahagian. Karena satu sama lain memiliki tujuan yang sama, tidak boleh ada perselisihan karena suatu perbedaan. Ketika kita merantau di negeri orang, kita harus bisa menjaga ketertiban, menjunjung tinggi nilai sopan-santun kepada siapapun, terutama kepada sesama peserta magang dari Indonesia. 
Ada sebuah peribahasa "dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung", kita harus menghormati adat istiadat dimana kita tinggal.
Tidak hanya di negeri perantauan, dimanapun kita tinggal dan bekerja, sebaiknya kita selalu menghormati adat istiadat yang berlaku. Dimanapun kita tinggal sebisa mungkin kita harus bisa cepat untuk beradaptasi atau menyesuaikan diri. Menyesuaikan diri dengan budaya yang ada di tempat tersebut. Jika tidak mampu menyesuaikan diri, bukan tidak mungkin dapat disepelekan oleh orang lain di sekitar kita.

Tentu saja agar dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar, kita butuh yang namanya belajar. Cara belajar yang paling mudah agar dapat menyesuaikan diri dengan cepat yaitu dengan cara melihat langsung budaya atau kebiasaan orang Jepang yang ada disekitar kita. Dari situlah kita dapat memilah hal yang baik untuk diterapkan pada diri masing-masing. 
Jadi pada dasarnya modal yang wajib dimiliki peserta program magang di Jepang adalah belajar. Belajar menyesuaikan diri dengan segala sesuatu yang ada di lingkungan sekitar, dan dapat menyelesaikan program magang di Jepang sampai selesai. Sepulangnya ke Indonesia dapat menggunakan ilmu yang diperolehnya selama program magang di Jepang tersebut.
Kepulangan Peserta Magang Choshi, Chiba
Angkatan ke-15, Poris, Tangerang

0 Response to "Modal yang Wajib dimiliki Peserta Program Magang di Jepang"