Cara Membatalkan Tiket Kereta Api di Stasiun

Cara melakukan pembatalan tiket kereta api ternyata tidak sulit. Pembatalan tiket kereta api dapat dilakukan di loket stasiun online yang melayani pembatalan, yaitu paling lambat dilakukan 2 jam sebelum keberangkatan kereta api atau bisa dibatalkan jauh-jauh hari sebelum hari keberangkatan.


Cetak In Counter di Stasiun Pasar Senen

 Langkah-langkah pembatalan tiket kereta api di loket stasiun online adalah sebagai berikut :

  • Silakan langsung ke loket pembatalan tiket dengan melampirkan kartu identitas asli (KTP/SIM/Paspor), fotokopi kartu identitas, dan kode booking tiket.
  • Apabila pembatalan tersebut diwakilkan oleh orang lain, maka perlu membawa surat kuasa bermaterai Rp 6000, kartu identitas asli, dan fotokopi atas nama penumpang yang tertera di tiket. 
  • Apabila pemohon pembatalan adalah turis asing, maka wajib melampirkan fotokopi passport. 
  • Pembatalan tiket akan dikenakan biaya administrasi 25% dari harga tiket, dana yang dikembalikan sebesar 75% per tiket. 
  • Pengembalian dana pembatalan tersebut dapat diambil secara tunai di stasiun yg telah ditentukan setelah hari ke-30 sejak pembatalan atau dapat menggunakan cara transfer kepada pemohon (paling lama 60 hari), dilakukan melalui rekening bank yang telah ditetapkan yaitu Bank Mandiri, BRI, BCA, BNI, CIMB Niaga.
  • Selanjutnya pemohon menyerahkan formulir pembatalan yang telah lengkap disi kepada petugas verifikasi di loket atau Customer Service di stasiun pembatalan. 
  • Petugas loket akan melakukan pemeriksaan data, jika telah benar dan sesuai, formulir pembatalan akan distempel "Verified". Jika tidak memenuhi persyaratan atau terindikasi penyalahgunaan, petugas verifikasi berhak menolak permohonan pembatalan. 
  • Selanjutnya pemohon menyerahkan formulir yang telah diverifikasi beserta dokumen pendukung kepada petugas loket yang melayani pembatalan tiket. 
Loket pembatalan tiket kereta api di wilayah Jabodetabek tersedia di beberapa stasiun, yaitu:

1. Loket pembatalan tiket Stasiun Gambir dilayani pukul 04.30-22.00 WIB di loket 9 dan 10 dengan sistem nomor antrean ditutup pukul 18.00 atau disesuaikan dengan kondisi antrean di stasiun.

2. Loket pembatalan tiket Stasiun Pasar Senen dilayani pukul 07.00-19.00 WIB di loket 3, 4, 5 (antrean buka pukul 07.00-11.30 WIB, bila sudah dilayani semua antrean dibuka kembali). 

3. Loket pembatalan tiket Stasiun Jakarta Kota dilayani pukul 09.00–16.00 WIB di loket 3.

4. Loket pembatalan tiket Stasiun Bekasi dilayani pukul 07.00–19.00 WIB di loket 5 dan 6.

5. Loket pembatalan tiket Stasiun Paledang (Bogor) dilayani pukul 09.00-12.30 WIB dan 13.30-16.00 WIB di loket 1 dan 2.

Pelayanan loket pembatalan tiket  di stasiun beroperasi setiap hari, termasuk hari Sabtu, Minggu dan hari Libur Nasional.

1 Response to "Cara Membatalkan Tiket Kereta Api di Stasiun"

Faza Fauzan said...

ulasan yang membantu, terimakasih