Berburu Pemesanan Tiket Kereta Api Mudik Lebaran Idul Fitri 2017 dengan Aplikasi KAI Access

Alhamdulillah, saya merasa senang sekali karena masih diberi nikmat kesehatan. Sehingga dapat menulis pengalaman berburu pemesanan tiket kereta api lebaran idul fitri 2017. Malam ini, Selasa, 21 Maret 2017 waktu menunjukan hampir pukul 0.00 WIB.  Meskipun badan terasa lelah karena bekerja seharian, namun saya berusaha memaksakan diri untuk tidak tidur terburu-buru, tengah malam ini pukul 0.00 WIB saya ingin mencoba berburu tiket kereta api untuk lebaran idul fitri 2017 ini.

Menurut perkiraan saya, pada lebaran idul fitri 2017 ini  animo masyarakat yang merencanakan mudik ke kampung halaman menggunakan jasa angkutan kereta api bertambah banyak. Meningkatnya jumlah tersebut dikarenakan berbagai faktor, terutama masalah kemacetan parah yang terjadi pada waktu arus mudik lebaran idul fitri 2016 lalu.

Berburu tiket kereta api untuk lebaran ini boleh dibilang lumayan sulit. Meskipun saya saya sendiri bisa dengan mudah mendapatkan tiket di pengalaman pertama kali berebut memesan tiket kereta online. Saingan kita dalam berebut tiket kereta lebaran ini adalah jutaan orang, dimana semuanya mengakses situs pemesanan tiket kereta api online secara serentak mulai pukul 0.00 WIB.


Bagi yang baru pertama kalinya memesan tiket kereta api lebaran secara online seperti saya, sebaiknya menginstall aplikasi pemesanan tiket kereta api KAI Access terlebih dahulu, baik di App Store, Google Play Store. Selain KAI Acces kita juga bisa melakukan pemesanan tiket kereta api lebaran melalui channel resmi PT. KAI. Info channel pemesanan resmi kereta api silahkan kunjungi artikel Pemesanan Tiket Kereta Api Lebaran 2017 di Channel atau Mitra Resmi KAI


Setelah itu, langsung lakukan pendaftaran/registrasi pada aplikasi dan lengkapi data sesuai dengan kartu identitas yang berlaku, seperti KTP, SIM, atau Passpor. Langsung saja pada pembahasan berburu tiket kereta api lebaran 2017. 


Ada beberapa tips penting yang harus dilakukan untuk melakukan pemesanan tiket dengan cepat. Tips yang pertama adalah membuka aplikasi KAI Access 10 menit sebelum pemesanan dibuka (pukul 0.00 WIB). Mengapa harus membuka aplikasi 10 menit sebelumnya?  Alasannya adalah untuk mengisi data pemesanan diantaranya stasiun asal, stasiun tujuan, tanggal berangkat (pilih tanggal berangkat yang paling dekat dengan tanggal yang akan dibuka pemesannya), pilihan kelas kereta (eksekutif, bisnis, dan ekonomi), dan jumlah penumpang dewasa atau bayi (kurang dari 3 tahun).




Ketika masuk pukul 0.00 WIB maka tanggal keberangkatan hari selanjutnya akan terbuka, segera ganti tanggal keberangkatan tersebut. Berikutnya klik "cari". Lakukan setiap langkah pemesanan tiket kereta online ini dengan cepat, karena sedikit terlambat saja resikonya dapat kehabisan tiket. Tentu tidak mau mengalami kejadian menjengkelkan seperti itu bukan. Maka lakukanlah dengan baik ya. 




Selanjutnya kita akan disuguhkan dengan berbagai pilihan jam keberangkatan kereta. Di bawah ini adalah pemesanan tiket untuk kelas ekonomi "Progo" keberangkatan dari Stasiun Besar Pasar Senen pada pukul 22:20 WIB. Klik "lanjut" dengan segera jika sudah menentukan pilihan kereta.


Selanjutnya ditampilkan informasi detail, serta syarat dan ketentuan pemesanan (reservasi). Kemudian, klik "centang" (setuju), baru klik "lanjut".



Selanjutnya ditampilkam konfirmasi pemesanan tiket, kemudian segera klik "lanjut".



Kemudian ditampikan data pemesan tiket, segera klik "lanjut".



Berikutnya akan ditampilkan data penumpang, dimana akan langsung terisi dengan data yang sama dengan data profil aplikasi KAI Access. Jika ada tambahan penumpang, silahkan klik "penumpang". Untuk satu kali pemesanan melalui aplikasi KAI Access maksimal sebanyak 4 orang. 



Berikutnya akan ditampilkan informasi pemesanan. Meskipun ada menu "pilih kursi", sebaiknya diabaikan dan segera klik "lanjut" saja.



Berikutnya ditampilkan pilihan pembayaran, ada berbagai jenis pembayaran yaitu, pembayaran dengan BCA Klikpay, Visa/Master/JCB, dan tersedia juga pembayaran melalui ATM/Payment Point.



Selanjutnya akan muncul notifikasi "selamat! pemesanan berhasil". 



Periksa riwayat atau history pada aplikasi KAI Access, cari kode pembayaran tiket kereta yang baru saja dipesan. Segera lakukan pembayaran melalui pembayaran yang dipilih. Setelah melakukan pembayaran, periksa kotak masuk/inbox di email untuk melihat notifikasi email dari rail ticket KAI. 


Tidak lama setelah berhasil menyelasaikan pemesanan tiket, saya iseng mengecek kembali ketersediaan tiket untuk lebaran idul fitri 2017, dan tak disangka kereta api kelas ekonomi Progo sudah habis terjual. Alhamdulillah keberuntungan ternyata berpihak kepada saya. Terima kasih sudah membaca.

0 Response to "Berburu Pemesanan Tiket Kereta Api Mudik Lebaran Idul Fitri 2017 dengan Aplikasi KAI Access"