SIM D SIM Khusus Penyandang Disabilitas

Apa itu SIM D - Merupakan Surat Izin Mengemudi (SIM) yang khusus diberikan kepada para penyandang cacat (penyandang disabilitas) untuk menggunakan kendaraan khusus di jalan raya.

Kendaraan khusus yang digunakan tersebut dibuat dengan spesifikasi khusus, dan disesuaikan dengan kemampuan atau kecakapan masing-masing orang.
Langkah-langkah atau prosedur untuk membuat SIM D tersebut hampir sama dengan prosedur SIM lainnya.

Pemohon harus dinyatakan sehat pada pemeriksaan kesehatan dokter, dan memiliki kemampuan untuk mengendarai kendaraan khusus.

Selanjutnya, mengikuti serangkain prosedur mulai dari ujian tertulis yang berisi tes pengetahuan mengenai peraturan berkendara di jalan raya. Di lanjutkan dengan ujian praktek mengendarai atau mengemudikan kendaraan bermotor.  Serta melakukan verifikasi-verifikasi lainnya.

Kendaraan yang digunakan dalam ujian praktek SIM D adalah kendaraan khusus yang disesuaikan dengan kecakapan pemohon SIM D. Misalnya, dalam ujian praktek SIM D sepeda motor dibuat memiliki roda tiga.

Dari tahun ke tahun, jumlah pemohon SIM D mengalami peningkatan. Bagi para calon pemohon SIM D, hal yang harus diperhatikan untuk mengambil SIM D yaitu memiliki kemampuan atau kompetensi dalam menggunakan kendaraan.