Pentingnya Pengetahuan Dasar Keselamatan Kerja Bagi Setiap Awak Kapal


Setiap orang yang bekerja di atas kapal diwajibkan mempunyai pengetahuan akan keselamatan dan kesehatan kerja yang cukup. Bilamana terjadi suatu hal atau kejadian yang tidak diduga di kapal, maka setiap awak kapal dapat dapat melakukan tindakan yang benar sesuai prosedur keselamatan.

Sesuai dengan peraturan Kementrian Perhubungan setiap orang yang bekerja di kapal harus memiliki sertifikasi tentang pengetahuan dasar keselamatan yang dinamakan Basic Safety Training (BST).

Pelatihan dasar keselamatan atau BST ini diadakan di banyak training center dan Sekolah Tinggi Pelayaran seperti di STIP Jakarta, PIP Semarang, Pertamina Maritime Training Center Jakarta dan tempat-tempat lainnya.

Basic Safety Training atau BST merupakan sebuah pelatihan dasar untuk keselamatan dan cara untuk mencegah suatu musibah. Pelatihan ini sangat diperlukan bagi teman-teman yang ingin bekerja di atas kapal, seperti kapal niaga, kapal perikanan, maupun maupun kapal pesiar atau wisata.

Fungsi dan manfaat yang didapat dari pelatihan BST antara lain:
- Menambah wawasan dan pengetahuan tentang pentingnya keselamatan,
- Meningkatkan kesadaran terhadap pentingnya tindak pencegahan kecelakaan,

- Menambah kepedulian akan pentingnya  penerapan dan nilai Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) pada lingkungan kerjanya,
- Meningkatkan pengetahuan tentang pentingnya pencegahan kecelakaan di lingkungan kerjanya

Meskipun setiap awak kapal sudah dibekali pelatihan dasar tentang keselamatan kerja, namun pada penerapannya di kapal ternyata masih kurang. Hal ini bisa dilihat dari berbagai kejadian musibah kecelakaan kapal dimana alat keselamatan tidak dipakai.

Urusan keselamatan kerja merupakan urusan semua awak yang bekerja di kapal. Bekerja di kapal banyak mempunyai resiko bahaya kecelakaan. Sebagai contoh awak kapal yang bekerja di sektor perikanan di atas kapal perikanan yang mempunyai banyak resiko kerja.

Di atas kapal perikanan biasanya terjadi pergantian awak kapal. Di sini penting bagi awak kapal yang berpengalaman untuk "memberikan pengarahan kerja dan selalu memberikan perhatian terhadap awak kapal baru ketika bekerja".

Setiap awak kapal yang baru naik diharapkan untuk bisa sesegera mungkin menyesuaikan diri dengan pekerjaan-pekerjaannya di kapal. Jika tidak cepat menyesuaikan pekerjaannya, bukan tidak mungkin akan membuat pekerjaan awak kapal lain semakin banyak.

Disinilah perlunya kerjasama yang baik semua awak kapal. Pekerjaan di kapal tidak bisa berjalan dengan baik jika tidak terjadi kerjasama yang baik. Contoh kerjasama yang baik adalah setiap awak harus bisa melakukan pekerjaan yang ditugaskan kepadanya dengan baik agar tidak memberatkan pekerjaan awak lainnya.

Setiap awak kapal baru penting mengetahui area atau tempat berbahaya di kapal. Dan hal ini merupakan sebuah kewajiban sebagai senior untuk memberitahukannya kepada awak baru. Hal-hal seperti itu penting untuk diketahui oleh setiap awak kapal yang baru.

Banyak hal-hal di kapal yang berhubungan dengan keselamatan dan kesehatan kerja yang harus dipelajari dari senior,  karena merekalah yang sudah berpengalaman di atas kapal. Jadi bekerja dikapal harus selalu menjaga hubungan baik dengan semua awak di kapal.

Hubungan yang harmonis di atas kapal akan memberikan pengaruh yang positif dalam suasana kerja di kapal. Hal yang diharapkan oleh semua awak kapal adalah mampu bekerja dengan baik, dapat menyelesaikan kontrak kerja, dan mendapatkan penghasilan yang baik.

Selanjutnya dapat pulang dalam keadaan yang sehat dan bertemu dengan keluarga tercinta di rumah. Utamakan selalu keselamatan diri ketika bekerja, jangan takut dimarahi ketika kita melakukan suatu tindakan yang benar dan sesuai prosedur. Terima kasih

0 Response to "Pentingnya Pengetahuan Dasar Keselamatan Kerja Bagi Setiap Awak Kapal"