[Opini] Solusi Mengatasi Kemacetan di Jakarta

Kemacetan jalan raya menjadi satu permasalahan kompleks yang terjadi di berbagai kota besar di dunia, termasuk juga di Jakarta. Peningkatan jumlah kendaraan bermotor yang signifikan menjadi salah satu faktor kemacetan tersebut. 

Bukan hanya itu, gaya hidup masyarakat saat ini yang lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi dibanding kendaraan umum turut menjadi faktor. Mengatasi kemacetan di Jakarta bukan suatu hal yang mudah. Jakarta merupakan kota berpenduduk terpadat di Asia dengan populasi mencapi 27 juta jiwa. Penduduk Jakarta merupakan pendatang dari berbagai daerah.

Untuk mengatasi kemacetan, perlu pembelajaran kepada semua elemen masyarakat. Mengambil contoh dari negara maju seperti Jepang dalam upaya mengatasi kemacetan adalah dengan membatasi umur pemakaian kendaraan. 

Dalam aturan tersebut kendaraan yang sudah tidak laik jalan dilarang untuk dioperasikan karena dikhawatirkan akan menimbulkan kemacetan di jalanan. Selain itu juga untuk mengurangi polusi udara asap kendaraan bermotor.

Upaya-upaya lain dalam mengatasi kemacetan adalah dengan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menggunakan transportasi umum. 

Saat ini telah tersedia banyak transportasi umum di Jakarta yang terintegrasi atau terhubung dengan baik dengan angkutan lain. Diharapkan dengan semakin banyak masyarakat yang beralih menggunakan transportasi umum, maka jumlah kendaraan yang beroperasi di jalanan akan menurun.

Namun kembali lagi, untuk mencapai itu semua maka dibutuhkan kerjasama yang baik diantara semua elemen masyarakat Jakarta. Masyarakat perlu memiliki memahami tujuan pentingnya menggunakan transportasi umum, yang tidak lain untuk mengatasi kemacetan.

Pemerintah perlu melakukan upaya lain agar masyarakat berpikir ulang membeli kendaraan baru dan beralih menggunakan transportasi umum. Pemerintah diharapkan melakukan penerapan secara penuh sistem jalan berbayar atau electronic road pricing (ERP) di jalan-jalan protokol tertentu di Jakarta.

Menurut saya aturan sistem jalan berbayar bisa menjadi salah satu solusi terbaik dalam mengatasi kemacetan di jalan-jalan protokol terutama pada jam-jam sibuk. Kita do'akan semoga aturan tersebut berjalan lancar dan dapat mengurangi kemacetan.

0 Response to "[Opini] Solusi Mengatasi Kemacetan di Jakarta "