Belajar budaya disiplin orang Jepang di kapal ikan


Enam tahun lalu saya pernah mengikuti magang kerja ke Jepang, lebih tepatnya di kapal perikanan. Pada waktu baru lulus sekolah SMK Perikanan, tidak pernah berpikir kalau saya bisa mengikuti pelatihan magang kerja di Jepang selama 3 tahun.

Yang saya rasakan, orang Jepang memiliki budaya kesopanan yang tinggi. Saya ingat betul ketika pertama kali naik ke kapal, ketika menyapa para awak kapal satu persatu, mereka menyambut saya dengan sangat ramah. Sungguh budaya yang luar biasa.

Waktu itu sebagai orang baru di kapal, saya berusaha agar bisa cepat beradaptasi dengan lingkungan kerja di kapal. Setiap sebelum kapal berangkat melaut menuju ke tempat penangkapan ikan (fishing ground), saya dan teman-teman pemagang lain memiliki tugas untuk mengecek alat tangkap ikan, membersihkan alat tangkap, serta membersihkan deck kapal.

Setiap tugas yang diberikan harus kita selesaikan dengan baik. Di satu kapal ini terdiri dari banyak awak kapal. Masing-masing mempunyai tanggung jawab berbeda. Satu hal yang selalu saya ingat yaitu melakukan tanggung jawab terlebih dahulu, baru kemudian menuntut hak.

Yang juga saya perhatikan dari orang Jepang adalah mereka selalu berusaha keras menyelesaikan setiap tugas atau pekerjaan yang dibebankan kepadanya dengan baik. Mereka sepertinya tidak ingin mendapatkan penilaian yang buruk dari atasan maupun rekan kerjanya.

Di kapal ikan Jepang, awak kapal yang memiliki kemampuan kerja yang baik akan dihormati. Mereka juga bisa membagi waktu dengan baik antara waktu kerja, istirahat, dan bersantai. Ketika waktu kerja, maka segala hal diluar pekerjaan akan dilupakan sejenak.

0 Response to "Belajar budaya disiplin orang Jepang di kapal ikan"