Pentingnya Membuat Catatan Harian

Pada artikel kini saya ingin menyampaikan mengenai pentingnya membuat catatan harian. Seberapa penting catatan sehingga kita perlu menulisnya setiap hari? Menurut saya sangat penting. Mengapa sangat penting, seperti yang kita ketahui bersama, catatan bermanfaat untuk menulis hal-hal penting yang dilakukan setiap hari.
Hal-hal penting yang perlu dicatat misalnya dalam hal janji bertemu dengan partner bisnis, pengingat waktu membayar tagihan, dan hal penting lainnya.

Di media apa kita sebaiknya menulis catatan harian? Banyak media yang bisa kita gunakan untuk menulis catatan, di media buku harian (diary book), aplikasi catatan pada smartphone, maupun melalui media online.
Untuk hal-hal yang bersifat rahasia (privacy), sebaiknya tidak menulis di media online. Hal-hal yang sifatnya rahasia tersebut sedapat mungkin agar selalu dijaga dengan baik, lebih baik dituliskan dalam buku harian.
Apa saja yang perlu ditulis? Tulis apa saja yang dianggap perlu untuk ditulis. Tidak ada batasan apapun dalam menulis sendiri. Berbeda jika kita membagikannya kepada orang lain karena tidak boleh menyinggung atau menyudutkan seseorang dan tidak boleh melanggar aturan.

Apa tujuan sebenarnya menulis catatan? Tujuan sebenarnya dari menulis catatan adalah membuat kita bisa mengingat hal-hal atau kejadian yang terjadi di masa lalu.
Saya ingin memberikan contoh nyata. Kejadian pahit pernah saya alami karena lupa tidak menulisnya dicatatan. Ceritanya waktu itu saya ikut gabung Wi-Fi pada tetangga kos selama 2 bulan.

Karena berbagai pertimbangan, saya ikut gabung internet tersebut hanya 2 bulan. Saya yakin betul jika saya telah membayar iuran internet tersebut diawal tiap bulan dan sudah lunas.

Namun, suatu ketika setelah bulan kedua berakhir, saya ternyata masih ditagih internet. Alasannya adalah saya belum bayar bulan kedua. Dia meyakini bahwa saya hanya membayar internet 1 bulan yakni pada tiap akhir bulan. Jelas-jelas saya sudah membayarnya diawal tiap bulan.

Di sini saya menyadari betapa sangat pentingnya catatan harian, karena bisa dijadikan bukti yang kuat.

Kapan dan dimana kita bisa menulis? Menulis bisa dilakukan kapan pun dan dimana pun. Usahakan selalu menulis catatan harian secara rutin. Dengan kegiatan menulis secara rutin maka akan menjadi suatu hal yang menyenangkan.

Terima kasih sudah membaca artikel mengenai pentingnya menulis catatan harian. Semoga tulisan ini dapat menjadi pendorong  semangat teman-teman untuk menulis catatan harian. Jangan lupa bagikan ya.

0 Response to "Pentingnya Membuat Catatan Harian"