Keselamatan Kerja adalah Hal yang Utama

Pada saat bekerja banyak hal yang harus diperhatikan agar tercipta suasana kerja yang aman, nyaman dan terhindar dari suatu hal yang tidak diharapkan. Semua pekerjaan pastinya memiliki sebuah resiko. Misalnya menjadi pedagang toko, memiliki resiko untung ataupun rugi. Tetapi menjadi pedagang tidak mempunyai resiko yang membahayakan keselamatan nyawa. Disisi lain, ada banyak pekerjaan yang memiliki resiko terhadap keselamatan, misalnya bekerja sebagai anak buah kapal (ABK), menjadi sopir kendaraan umum, dan lainnya.

Namun pekerjaan apapun yang kita miliki saat ini, meskipun memiliki resiko harus kita terima dan jalani dengan tanggung jawab penuh. Jika bekerja pada posisi pekerjaan mempunyai yang mempunyai resiko tinggi,  upayakan selalu mematuhi semua aturan yang sudah ditetapkan. Dengan mematuhi semua aturan tersebut akan mengurangi resiko terhadap hal-hal yang tidak diinginkan.

"Keselamatan adalah yang utama (safety first)", ini merupakan pedoman atau motto yang wajib dipegang oleh setiap orang dalam bekerja. Untuk menciptakan keselamatan kerja di tempat kerja, maka setiap orang wajib mematuhi aturan-aturan keselamatan yang sudah ditetapkan. Sebagai contoh, ABK yang bekerja pada kapal ketika bekerja wajib memakai alat pelindung diri (APD). APD adalah perlengkapan yang berguna untuk melindungi seseorang dari potensi bahaya kecelakaan di tempat kerja. 

Jenis-jenis alat pelindung diri yang biasa digunakan di kapal, khususnya pada kapal ikan adalah:

1. Safety helmet (herumetto), mempunyai fungsi melindungi kepala dari benturan benda secara langsung.

2. Sepatu karet (nagagustu), melindungi kaki dari benda tajam, benda berat, cairan kimia, dan sebagainya.

3. Sarung tangan (tebukuro), berfungsi untuk melindungi tangan saat bekerja. Bahan serta bentuk sarung tangan berbeda tergantung fungsi pekerjaan, ada sarung tangan karet dan kain.

4. Jas hujan (kappa), berfungsi untuk melindungi tubuh dari percikan air saat bekerja. 

5. Pelampung (life jaket), berfungsi untuk bertahan hidup terapung di air laut menunggu pertolongan tiba. 

0 Response to "Keselamatan Kerja adalah Hal yang Utama"