Jangan Merasa Malu Bertanya

Pada saat naik angkutan umum, atau naik kendaraan pribadi, jika kebingungan karena tidak tahu jalan atau rute, maka janganlah ragu untuk bertanya. Bertanya tidak akan membuat kamu malu. Tentu saja pada waktu bertanya kepada siapapun harus menggunakan etika yang baik.

Nah, sebenarnya hal apa saja yang sebaiknya dilakukan ketika menanyakan alamat atau jalan kepada seseorang? dibawah ini merupakan etika yang disarankan dalam bertanya.

#1 jika menggunakan kendaraan pribadi baik mobil atau motor, pertama-tama pinggirkan kendaraan, lalu parkir dan turunlah dari kendaraan. Baru kemudian dapat bertanya dengan baik dan sopan.

2# sebelum bertanya, perhatikan dulu apakah orangnya sedang sibuk atau tidak. Jika sedang sibuk, carilah orang lain untuk ditanyai.

3# jika bertanya pada satu orang tapi masih belum jelas. Bertanyalah kembali kepada orang yang berbeda.

#4 Setiap kali selesai bertanya ucapkanlah terima kasih karena sudah dibantu.

Meskipun setiap kali mengalami kebingungan dijalan dapat bertanya kepada orang lain, namun harus dipahami juga bahwa tidak semua orang bisa membantu kita. Dan tentu mereka punya alasan tersendiri, dan kita juga harus memahaminya.

Saya pribadi ketika ditanyai orang lain, ketika saya tahu maka akan saya bantu. Sebaliknya jika tidak tahu, maka saya akan minta maaf dan menjawab tidak tahu. Itu akan lebih baik daripada menolak langsung.

Ketika ada orang orang yang bertanya kebingungan jalan, jawablah dengan baik dan ramah. Jika memang tidak ada waktu, jelaskan dengan baik dan minta maaf. Itu akan lebih baik. Terima kasih sudah membaca.

0 Response to "Jangan Merasa Malu Bertanya"