Membatalkan Tiket Kereta Api Online di Stasiun

Cara melakukan pembatalan tiket kereta api online - Ada berbagai hal yang dapat menyebabkan rencana perjalanan yang sudah diatur sejak jauh hari harus diundur bahkan sampai dibatalkan.

Nah, jika sampai terjadi hal demikian mau tidak mau harus segera melakukan pembatalan tiket.  Pernah waktu itu saya melakukan pembatalan tiket kereta api untuk perjalanan pulang ke kampung halaman di Karanganyar Kebumen, turun di stasiun Gombong dan ganti kendaraan umum minibus.

Proses pembatalan tiket ternyata tidak sesulit seperti yang saya pikirkan.Untuk melakukan pembatalan tiket kereta api (kereta api jarak jauh), ada beberapa dokumen yang wajib dipersiapkan, yaitu

1) Kartu identitas asli sesuai nama yang tertulis pada tiket atau boarding pass, yakni KTP/SIM/Paspor/Kitas. 
( Catatan: Jika ingin membatalkan tiket jauh-jauh hari sebelum tanggal keberangkatan, namun tidak mempunyai tiket fisik, maka cukup berikan kode booking tiket kereta api) 

2) Fotokopi kartu identitas sesuai dengan tiket yang mau dibatalkan. 

3) Siapkan nomor rekening jika ingin menerima pengembalian uang tiket melalui transfer Bank. Tapi tidak semua bank bekerja sama melayani pengembalian uang tiket, hanya bank tertentu diantaranya bank BNI, CIMB NIAGA.

Untuk proses pengembalian uang pembatalan melalui rekening membutuhkan waktu sampai 60 hari kerja. Jika ingin menerima tunai membutuhkan 30 hari kerja, dan pengambilannya di stasiun yang ditunjuk saja. Jadi perlu sabar-sabar menunggu ya jika membatakan tiket.

Melakukan pembatalan di stasiun. Jika semua syarat-syarat dokumen sudah terpenuhi, dapat langsung bergegas menuju stasiun online untuk membatalkan tiket. 

Di stasiun akan diminta mengisi form pembatalan tiket. Isi data dengan lengkap dan pilih cara menerima pengembalian tiket yang diinginkan. 

Layanan pembatalan tiket itu dibuka setiap hari mulai pukul 7.00 ( kalau di Stasiun Pasar Senen). Pembatalan tiket akan dikenai bea pembatalan tiket sebesar 25 persen. Sebagai contoh, tiket kereta yang saya beli dari Pasar Senen ke Karanganyar (Kebumen) harganya Rp 125 ribu, maka akan dipotong bea pembatalan sebesar Rp 31.250 menjadi sisa Rp 93.750. Itulah jumlah pengembalian yang akan diterima. 
Menurut informasi yang saya dapat dari Layanan Pelanggan Kereta Api di nomor 121, bahwa pembatalan tiket paling lambat sampai dengan 1 jam sebelum kereta berangkat. Jika lewat dari itu maka akan hangus dan tidak ada uang pengembalian tiket. 

Saran saya untuk teman-teman sebaiknya sebelum memutuskan untuk membeli tiket, harus sudah mendapat cuti kerja. Jika sampai dibatalkan pasti rugi biaya dan juga waktu.  

Terima kasih sudah membaca artikel di atas. Semoga artikel membatalkan tiket kereta api online di stasiun bermanfaat dan jangan lupa bagikan ya.

2 Responses to "Membatalkan Tiket Kereta Api Online di Stasiun"

Teguh Susianto said...

Pembatalan tiket Kereta Api bisa dilakukan di stasion Pemberangkatan atau stasion tujuan Kang?

Kai said...

untuk pembatalan tiket dilayani di stasiun yang telah ditentukan, seperti contoh di Jakarta berada di Stasiun Besar Pasar Senen. thanks