Safety Riding


Berkendara yang Aman (Safety Riding)

Keselamatan berkendara di jalan raya merupakan hal yang utama. Menjaga keselamatan diri sendiri maupun orang lain di jalan raya wajib dilakukan siapapun.

Dalam berkendara di jalan raya, setiap pengendara wajib mematuhi segala peraturan lalu lintas yang ada. Peraturan lalu lintas dibuat untuk menjaga keselamatan pengguna jalan raya. Selain itu, pengguna jalan raya wajib melengkapi diri dengan alat keselamatan berkendara atau safety riding.

Pada saat melakukan perjalanan jauh menggunakan kendaraan roda dua (sepeda motor), pengendaraa sebaiknya melengkapi hal-hal berikut ini:

1# Membawa surat-surat kendaraan bermotor (STNK)
2# Surat izin mengemudi (SIM)
3# Helm sesuai standar keselamatan (Helm SNI)
4# Menggunakan jaket, sepatu, dan masker

Meskipun sudah melengkapi diri dengan alat keselamatan berkendara, namun bahaya kecelakaan dijalan raya juga dapat muncul dari faktor luar. Misalnya: pengendara lain yang ugal-ugalan, kondisi jalan yang buruk, cuaca yang kurang bersahabat, ataupun hal-hal lain yang dapat menimbulkan kecelakaan.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya ketika berkendara perhatikan juga hal-hal berikut ini:

1# Berkendaralah dengan kecepatan yang aman, dan jaga jarak dengan kendaraan lain.

2# Jangan mengerem mendadak yang dapat menyebabkan orang dibelakang Anda menjadi kaget.

3# Ketika memasuki daerah pasar yang ramai, kurangi kecepatan kendaraan Anda. 

4# Patuhi rambu-rambu lalu lintas, berhenti jika lampu merah menyala. Meskipun ketika lampu merah kendaraan kosong, berhentilah dan tunggu sampai lampu hijau menyala.

5# Biasakan untuk berkendara yang sopan. Pada saat melalui jalanan yang ramai dan banyak penyeberang, berilah mereka kesempatan menyeberang terlebih dahulu.

6# Jika melalui jalanan rusak karena banyak lubang, berkendaralah dengan pelan. Hati-hati masuk ke dalam lubang yang bisa membuat kaget dan terjatuh.

7# Istirahat bila sudah merasa capek. Carilah tempat yang aman, seperti di SPBU, minimarket, atau warung makan. 

Demikian saran yang dapat saya share ke teman-teman semua, mudah-mudahan kita semua senantiasa dilindungi didalam berkendara dijalan raya. Salam, terima kasih.

0 Response to "Safety Riding "