Rangking Cita-Cita

Semenjak masih anak-anak, pastinya akan memiliki suatu cita-cita ketika menjadi dewasa ingin menjadi apa? Seringkali cita-cita yang didambakan sewaktu kecil tidak terwujudkan. Cita-cita merupakan harapan besar seseorang yang ingin terwujud di masa yang akan datang. Tentunya, harus dibarengi dengan usaha dan do'a yang sungguh-sungguh.
Bercerita tentang cita-cita, di kelas percakapan bahasa Jepang yang saya ikuti, sensei (guru) membahas tentang cita-cita. Pembahasannya mengenai cita-cita pekerjaan yang sewaktu masih anak-anak.


   *Rangking pekerjaaan yang diinginkan anak-anak di Jepang:

   (impian anak laki-laki)

1. Pemain Sepakbola(サッカー選手
2. Pemain Baseball(野球選手
3. Polisi(警察官
  

  
  

 (impian anak perempuan)

1. Memiliki toko makanan/restoran(食べ物屋
2. Guru taman kanak-kanak(幼稚園の先生
3. Perawat rumah sakit(看護師

   Pada saat umur anak-anak menginjak 13 tahun atau memasuki Sekolah Menengah Pertama (SMP), jenis pekerjaan yang dicita-citakan juga berubah. Berikut datanya: 

(impian anak laki-laki & perempuan)

1. Chef(パティシェ
2. Atlet profesional (プロスポーツ選手
3. Pegawai bank(金融
4. Game creator(ゲームクリエイター
5. Fashion desainer(ファッションデザイナー

   Pada saat memasuki pendidikan yang lebih tinggi lagi pada SMA maupun Perguruan Tinggi, kemungkinan akan mendambakan suatu pekerjaan yang berbeda lagi dari sebelumnya. Tetapi, kembali lagi kepada diri kita masing-masing, untuk dapat menperoleh pekerjaan yang dicita-citakan, maka harus berusaha dengan gigih penuh semangat untuk meraihnya. Saya ambil contoh kecil, di Jepang seorang yang ingin menjadi dokter, maka ia sudah mulai mempelajari tentang ilmu yang berkaitan dengan kedokteran di bangku sekolah menengah pertama.

Marilah kita untuk terus berjuang demi menggapai cita-cita. Salam sukses untuk teman-teman semua.

0 Response to "Rangking Cita-Cita"