Membeli Makanan Sehat

"Mencegah lebih baik dari pada mengobati", itulah peribahasa yang dipakai orang yang paham tentang kesehatan. Kesehatan seseorang ditentukan oleh banyak hal, antara lain dari cara memilih makanan. Memilih makanan yang bergizi dalam upaya menjaga tubuh selalu sehat.

foto: sharepanduan.com
Dewasa ini, kita dapat melihat kenyataan bahwa sebagian masyarakat cenderung lebih memilih membeli makanan di luar ketimbang masak di rumah. Dengan berbagai alasan, seperti terbatasnya waktu, saat ini banyak masyarakat Indonesia terutama yang tinggal di kota yang memilih untuk membeli makanan di luar rumah. Padahal makanan yang dijual diluar, belum tentu terjaga kebersihannya atau tidak.


foto: sharepanduan.com
Meskipun kita tidak bisa tahu betul apakah makanan yang dijual di luar-luar itu sehat atau tidaknya, tapi dengan pandangan secara langsung bisa merasakan suatu tempat yang menyajikan makanan yang higienis atau tidak. 

Berbagai aspek yang perlu menjadi perhatian kita sebelum menentukan suatu tempat makan (baik itu restoran, cafe, warung nasi, ataupun penjual makanan dengan gerobak)adalah sebagai berikut:
  • Usahakan untuk membeli makanan di tempat yang bersih. Contoh: membeli makanan pada warung yang selalu menjaga kebersihan peralatan makanannya, meja makan dan sebagainya.
  • Sebelum memilih suatu tempat makan, perhatikan apakah tempat makan yang dituju pengunjungnya ramai atau tidak.  Jika tempatnya ramai, ada kemungkinan makanannya yang dijual enak. Atau bisa jadi, harganya tidak terlalu mahal.
    foto: sharepanduan.com
  • Jika pengunjungnya sepi atau tidak ada pengunjung, sebaiknya cari tempat makan yang lain. Mengapa? karena dikhawatirkan makanan yang dijual disitu sudah dimasak lama atau masakan yang terus-menerus dipanasi. Makanan yang terus-menerus dipanasi, biasanya tidak enak, dan dikhawatirkan akan membahayakan kesehatan tubuh.
  • Sayangi tubuh kita, dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung gizi. Misalnya dengan mengurangi makan makanan yang banyak mengandung minyak seperti gorengan ataupun makanan-makanan ringan / snack yang banyak sekali mengandung bahan pengawet yang tentu berbahaya bagi kesehatan tubuh.
  • Terakhir sebaiknya membeli makanan di tempat yang kita sudah mengetahui kebersihannya terjaga. Yang paling baik, jika sudah mempunyai istri, bawalah bekal makanan yang dibuatkan oleh istri di rumah. hee kapan ya saya dibuatkan bekal sama istri?:)
Itulah beberapa hal yang mesti diperhatikan pada waktu akan membeli makan diluar. Jagalah kesehatan dengan cara mengkonsumsi makanan yang bergizi, dan gaya hidup yang sehat. Salam, terima kasih.

0 Response to "Membeli Makanan Sehat"