Coba Menu Makanan Jepang

Indonesia merupakan salah satu negara pengirim tenaga kerja training terbesar ke Jepang. Sehingga di Indonesia semakin banyak para pecinta makanan khas dari negeri sakura tersebut, khususnya adalah mereka yang pernah merasakan tinggal dan bekerja di Jepang.

Masyarakat Indonesia banyak yang menyukai segala hal tentang negara Jepang. Mulai dari anime/kartun, manga/komik, keindahan bunga sakura, dunia fashion, dunia musik, cosplay, termasuk juga makanan khasnya yang sangat menggoda untuk dicoba.

Pada saat sekarang ini di Indonesia telah banyak dibuka restoran yang menjajakan makanan khas negeri sakura. Di Jakarta banyak terdapat restoran Jepang yang menyediakan menu original khas Jepang, seperti udon, tempura, ramen, dan lainnya. Restoran-restoran Jepang yang ada di Indonesia yang sudah dikenal umum antara lain: #Yoshinoya Japanese Restaurant #Marugame Udon (Udon & Tempura) #Ramen Sanpachi #dan masih banyak lagi. 

Ada berbagai hal yang harus di perhatikan sebelum mencoba membeli makanan di restoran Jepang, antara lain:

(1) Jepang merupakan negara yang masyarakatnya kebanyakan tidak memeluk agama, sehingga tidak mempunyai pantangan suatu makanan. Oleh karena itu, jika ragu-ragu terhadap kandungan bahan pada menu yang disediakan silahkan untuk menanyakan terlebih dahulu kepada pelayan restoran. Sebagai contoh adalah sebagai seorang muslim dalam membeli suatu makanan harus memastikan halal atau tidaknya.

(2) Carilah restoran Jepang yang menjual makanan otentik/ asli rasa Jepang. Karena saya pernah makan di sebuah restoran yang menyediakan menu makanan Jepang, tetapi rasanya tidak seperti masakan Jepang.

(3) Restoran Jepang yang banyak pengunjung biasanya rasanya disukai banyak orang. Cobalah untuk membeli makanan ditempat tersebut.

(4) Pilihlah makanan Jepang yang juga mengandung sayur-sayuran, ikan, udang, atau semacamnya yang banyak mengandung vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh kita.

Berbicara mengenai makanan Jepang, sore ini 15 Desember 2016, saya kembali dapat menikmati lagi salah satu menu makanan khas negeri sakura itu. Saya coba menyantap menu niku udon, tempura, dan secangkir ocha dingin di sebuah restoran Jepang yang ada di Jakarta Selatan. Menurut saya, rasa makanannya tidak jauh berbeda dengan rasa aslinya di Jepang. Hanya porsinya saja terbilang lebih banyak. Dari segi harga menurut saya tidak terlalu mahal, masih dapat terjangkau. Menikmati makanan Jepang di Indonesia mengobati rasa rinduku terhadap negeri sakura.

foto: sharepanduan.com


Di mal-mal seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, dan kota-kota lainnya saat ini telah banyak restoran Jepang, sehingga bagi kita yang tidak bisa yang punya uang minim bisa menikmati kuliner Jepang tanpa harus pergi langsung ke negara asalnya.  Bukan hanya makanan khas dari negeri sakura saja yang telah banyak dijual di Indonesia, saat ini peralatan-peralatan rumah tangga asli dari Jepang pun sudah ada di Indonesia, seperti Daiso Japan. Baca juga: Beli barang-barang Jepang di Daiso Japan.

0 Response to "Coba Menu Makanan Jepang"