Berkendara Waktu Hujan

Kondisi jalan raya saat ini sangatlah padat dengan hilir-mudik kendaraan, baik mobil, motor, truk, sepeda onthel, angkot dan sebagainya. Kondisi yang paling parah adalah pada saat sekarang ini, hujan yang kadang turun tanpa diduga, menyebabkan para pengemudi motor yang terpaksa meminggirkan kendaraannya untuk berteduh karena kehujanan. Yang lebih parah lagi di beberapa daerah ada yang terkena bencana banjir karena curah hujan yang sangat tinggi, sehingga kendaraan ada yang hanyut terbawa derasnya air banjir.

Pada musim hujan seperti saat ini, sangat di sarankan untuk selalu memperhatikan kondisi kendaraan, seperti kondisi rem, keausan ban, dan lainnnya. Bagi pengemudi kendaraan roda dua, saat hujan sangatlah berbahaya jika mengenderai motor dalam kecepatan tinggi. Pada saat hujan, kondisi jalan yang berlubang tidak akan telihat jelas, sehingga ada kemungkinan kendaraan akan masuk lubang. Yang dikhawatirkan adalah pada waktu mengendarai kendaraan pada kecepatan tinggi, jika masuk lubang yang dalam kaget, bisa-bisa terjatuh. Bukan hanya itu, akan lebih berbahaya lagi jika ada kendaraan lain dibelakang yang juga dalam kecepatan tinggi, dikhawatirkan dapat terjadi tabrakan keras.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan seperti itu terjadi pada kita semua, dalam berkendara di jalan raya pada waktu hujan perhatikan hal-hal berikut ini:

(1) Selalu mematuhi rambu-rambu lalu-lintas yang ada di jalan. Pada waktu hujan lebat, hindari berkendara dengan kecepatan tinggi. Berkendara dengan kecepatan tinggi pada waktu hujan sangat berbahaya karena daya pengeraman berkurang karena jalan licin.

(2) Ketika hendak mendahului kendaraan lain di depan kita, berilah lampu sein yang benar, gunakaan lampu jarak jauh & klakson supaya kendaraan didepan tersebut tahu jika ada yang mendahului.

(3) Jaga jarak kendaraan anda dengan kendaraan lain. Jangan pernah melakukan pengereman secara mendadak yang bisa membuat orang lain kaget.

(4) Jika jalan terlihat rusak, jalanlah pelan-pelan untuk menghindari terjatuh karena masuk ke dalam lubang.

(5) Hormati sesama pengguna jalan, selalu berkendaralah dengan baik dan sopan.