Antisipasi Bahaya Kecelakaan

Berkendara di jalan raya dengan kondisi jalan yang rusak, berlubang rawan terjadi kecelakaan. Ditambah pada saat ini sedang musim penghujan, berkendara harus lebih hati-hati. Kondisi jalan yang berlubang dan sedang hujan akan mempersulit pengemudi, tidak jarang kendaraan mengalami kerusakan karena masuk ke lubang.

Dihimbau kepada seluruh pemakai jalan raya, jagalah laju kendaraan pada kecepatan yang ideal. Pada saat kondisi jalan basah, kemudikan kendaraan pada kecepatan yang sedang. Karena yang dikhawatirkan adalah tidak melihat lubang yang ada dijalan, sehingga dapat mengalami kerusakan.

Bekendara di jalan raya harus saling menghormati sesama pengguna jalan. Dijalan raya ada banyak kendaraan,truk, sepeda motor, bus, sepeda, bethor (becak bermotor), dan lain sebagainya. Ketika berkendara pada malam hari, dengan kondisi penerangan yang kurang, janganlah memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi karena kita tidak akan tahu jika ada sesuatu yang mungkin ada didepan.

Mengenai antisipasi terhadap bahaya kecelakaan adalah sebagai berikut:
1# Kondisi badan harus sehat, jangan memaksakan berkendara ketika sedang sakit.
2# Periksa kendaraan yang akan digunakan. Jika tidak terlalu yakin dengan kondisi kendaraan, bawalah ke bengkel untuk diperiksa.
3# Jika sudah semua diperiksa, aturlah waktu bepergian yang tepat. Misalnya: bagi yang bepergian ke luar kota/ ke daerah, akan lebih baik berangkat lebih awal pada pagi hari (mis: seusai solat subuh). Awali perjalanan berkendara dengan berdoa agar di beri keselamatan.
4# Didalam melakukan perjalan jauh, apabila mengantuk segeralah istirahat. Carilah tempat istirahat yang aman, seperti di lokasi REST AREA SPBU atau penginapan/hotel.
5# Selama berkendara, patuhilah rambu-rambu lalu lintas yang ada. Contohnya, memasuki jalan raya dekat pasar, kurangi kecepatan kendaraan. Berilah kesempatan penyeberang jalan untuk menyeberang. 
6# Jika jalan raya yang dilalui melewati perlintasan kereta api, baik berpalang pintu atau tidak agar selalu memperhatikan arah kanan dan kiri sebelum menyeberang. 
7# Pada waktu berkendara malam hari, supaya lebih hati-hati. Biasanya pada malam hari ada orang yang menyeberang jalan. Gunakan lampu jarak jauh untuk mempermudah pandangan mengemudi.
8# Biasanya memasuki daerah pinggiran, jalan hanya ada 1 lajur, perhatikan dengan teliti sebelum mendahului kendaraan lain yang didepan. Berilah sinyal mendahului, klakson atau lampu tembak. 
9# Misal jika mengalami kejadian buruk dijalan seperti kendaraan rusak, mogok, ban bocor ataupun hal-hal lain seputar kendaraan, tetaplah tenang. Pinggirkan kendaraan terlebih dahulu, lalu perbaiki masalah yang ada jika mempunyai kemampuan teknis yang memadai. Jika memang dirasa tidak sanggup mengatasi masalah, segera hubungi bengkel terdekat.

Berkendara atau mengemudi sendiri memang butuh kewaspadaan yang tinggi. Utamakan selalu keselamatan, ingatlah keluarga Anda menanti di rumah. Salam. terima kasih sudah mampir membaca.