Transportasi yang Aman

Di kota-kota besar seperti Jakarta, kebutuhan akan transportasi semakin meningkat. Disisi lain, penyediaan sarana transportasi umum dinilai masih jauh dari yang diharapkan. Tak khayal, jika banyak bermunculan jasa angkutan yang memanfaatkan teknologi digital. Salah satunya yakni jasa angkutan melalui aplikasi online.

Aplikasi online ini banyak memudahkan masyarakat. Bepergian kemanapun di Jakarta semakin mudah. Cukup memesan lewat aplikasi, seketika dijemput dan diantar ke tempat tujuan dengan cepat.

Saat ini sudah banyak penyedia jasa angkutan aplikasi online. Beberapa diantaranya tidak hanya melayani jasa antar penumpang atau orang saja, tetapi juga mengantarkan paket atau dokumen, pembelian makanan, dan masih banyak lagi.

Bila dilihat dari segi keamanan, jasa angkutan online yang menggunakan kendaraan roda dua sangatlah rentan terhadap bahaya kecelakaan. Namun kembali lagi, masyarakat yang memilih. Masyarakat tentu akan memilih transportasi yang cepat, nyaman dan biaya terjangkau.

Diluar pandangan mengenai pilihan masyarakat apakah lebih memilih jasa angkutan melaui aplikasi online atau kendaraan umum, saya akan berbagi mengenai transportasi umum.

Ada beberapa hal-hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan transportasi umum:

1# Berdo'a sebelum memulai bepergian kemanapun.

2# Pilihlah transportasi yang memiliki ijin resmi dari Kementrian Perhubungan ataupun Dinas Perhubungan untuk beroperasi.

3# Pilih transportasi umum yang dapat memberikan rasa aman, nyaman kepada penumpang.

4# Jika akan naik transportasi umum, perhatikan segi ketepatan waktu transportasi tersebut sampai tujuan.

5# Selalu berilah tempat duduk prioritas (priority seats) kepada orang lanjut usia (elderly passengers), wanita hamil (pregnant women), penyandang cacat (physichally), serta Ibu membawa anak (mother with infant).


6# Jagalah barang-barang bawaan Anda. Jika naik bus, angkot, kereta rel listrik, gendongla tas ransel Anda dibagian depan.


7# Jangan memperlihatkan barang-barang berharga Anda ketika naik di dalam kendaraan umum. hal ini bisa mengundang niat jahat orang lain.

8# Akan lebih baik pada waktu naik kendaraan umum seperti: angkot, mikrolet, bus kota untuk duduk di bagian depan didekat Supir.

9# Bertanyalah kepada orang lain jika mengalami kesulitan, misalnya tidak tahu rute kendaraan umum, dan sebagainya.

0 Response to "Transportasi yang Aman"