Naik Transjakarta

Siapa yang tidak tahu moda transportasi satu ini, Transjakarta ? Yah, pastinya semua sudah tahu ya, moda transportasi Transjakarta atau lebih sering disebut Busway adalah angkutan bus yang melayani area Jakarta, Depok, sampai dengan Kota Bekasi.

Namun, tahukah kamu jika busway saat ini menerapkan aturan-aturan baru bagi penumpang. Salah satu contoh aturan yang baru saja diterapkan adalah diwajibkannya Tap In dan Tap Out di semua halte, kecuali pada bus-bus feeder (bus pengumpan Transjakarta) tidak diterapkan.

Beberapa hal-hal baru yang perlu Anda tahu tentang Transjakarta:

#1 Bus Jakarta Eksplorer

Anda bisa menikmati perjalanan mengelilingi kota Jakarta secara gratis alias tidak dipungut biaya.

#2 Transjakarta Cares


Merupakan layanan gratis yang diberikan oleh Transjakarta khusus kepada penyandang cacat atau difabel.

3# Layanan Transjakarta khusus Wanita

Transjakarta mengoperasikan bus yang khusus melayani penumpang wanita. Warna bus ini sangat mencolok yakni pink, identik dengan kaum hawa.

4# Site Visit Jakarta

Merupakan kegiatan rutin Transjakarta yang mengajak peserta seperti dari panti sosial untuk berkeliling Jakarta dan mengunjungi museum-museum bersejarah. Transjakarta tidak seperti moda transportasi umum lainnya, yang hanya mengantarkan ke tempat tujuan. Kita akan bisa melihat keunikan dan keistimewaan kota Jakarta dari kaca bus Transjakarta.

Beberapa hal yang perlu menjadi perhatian saat naik transjakarta

# Untuk saat ini semua halte Transjakarta tidak melayani pembelian tiket secara cash atau tunai. calon penumpang diwajibkan membeli kartu multi trip, seperti Jakcard, Bca Flazz, Brizzi, Mandiri e-Money, dan sebagainya. Namun jangan khawatir, bagi yang tidak memiliki kartu pun bisa meminta tolong kepada Petugas dihalte, dan membayar cash (sepengetahuan penulis). 


# Jangan sampai salah naik bus. Saat ini dihalte,  melayani tujuan yang berbeda-beda. Selalu bertanya kepada Petugas jika tidak tahu.


# Saat ini semua bus Transjakarta dijaga oleh Satgas Pengaman (OnBoard), sehingga tidak perlu khawatir terjadi tindak kejahatan. Namun beberapa bulan yang lalu teman saya sendiri mengalami pencurian di Transjakarta. Saya menyarankan agar selalu berhati-hati, kejahatan bisa menimpa siapa saja dan dimana saja.

# Selalu berikan kursi prioritas kepada orang yang lebih membutuhkan. Kepada ibu hamil atau menyusui, orang tua, penyandang difabel.

0 Response to "Naik Transjakarta"