Mudik Pakai Sepeda Motor

Mungkin diantara teman-teman Pembaca ada yang suka mudik ke kampung halaman menggunakan sepeda motor. Mudik adalah suatu kegiatan yang menggembirakan, sekaligus penuh dengan resiko. Kenapa saya bilang penuh resiko?

Mudik memerlukan kondisi fisik yang baik dan prima. Kondisi fisik yang kurang baik, bisa menyebabkan resiko kecelakaan bagi diri sendiri dan orang disekitar.

Sebelum berkendara jauh seperti mudik ke kampung halaman, kendaraan harus dicek terlebih dahulu. Kendaraan yang digunakan juga harus baik, siap dengan segala kondisi jalanan, seperti jalan naik-turun dan lainnya.


Untuk lebih jelasnya, sebaiknya perhatikanlah hal-hal berikut jika akan mudik:

1# Cek kondisi kendaraan, periksa terlebih dahulu ke bengkel. Bila perlu lakukan service lengkap dan jika perlu lakukan penggantian pelumas supaya kendaraan nyaman dipakai.

2# Bawalah peralatan motor atau kunci sederhana, seperti kunci busi, dan lainnya.

3# Jangan lupa membawa jas hujan.

4# Patuhilah semua aturan berkendara di jalan raya. Ingatlah bahwa di jalan raya akan selalu berhubungan dengan berbagai macam pengendara. Untuk itu, selalu patuhi peraturan-peraturan lalu lintas yang ada dijalan.

5# Bila lelah dan mengantuk, usahakan untuk beristirahat. Memaksakan berkendara ketika kondisi badan lelah dapat menyebakan timbulnya kecelakaan.

6# Jangan memaksakan berkendara dengan kondisi kendaraan yang sangat panas. Karena bisa menyebakan kerusakan mesin. Istrirahatkan dahulu kendaraan Anda, sekaligus dapat mengistirahatkan badan yang lelah.

Berkendara dalam kondisi badan yang kurang baik, bisa mengakibatkan konsetrasi kurang. Dan bisa membahayakan diri sendiri dan orang lain. Bila memang kondisi badan sedang tidak sehat, jangan pernah memaksakan diri. Keselamatan adalah yang utama yang harus dijaga.

0 Response to "Mudik Pakai Sepeda Motor"